nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar dari Kasus Fenita Arie, Ini Pertolongan Pertama saat Kulit Melepuh Akibat Tersiram Air Panas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 30 November 2017 14:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 30 481 1823179 belajar-dari-kasus-fenita-arie-ini-pertolongan-pertama-saat-kulit-melepuh-akibat-tersiram-air-panas-dbV4ig4TWV.jpg Fenita Arie (Foto: Instagram)

BELUM lama ini kabar duka datang dari Fenita Arie. Istri dari Arie K Untung itu mengalami sedikit kecelakaan di rumahnya. Ya, kedua pahanya melepuh akibat tersiram air panas.

Saat dicari tahu bagaimana sebetulnya kejadian tersebut, pada awak media Fenita menceritakan kalau kala itu dirinya sedang tidak fokus. Jadi, saat sedang menyiapkan kopi untuk suaminya, dia juag sedang make-up. Nah, kecerobohan pun terjadi. Bukannya alat rias yang dia ambil, perempuan berambut pendek ini malah menggenggam teko kopi yang panas banget.

Sontak, sebagai respon tubuh, tangan Fenita pun langsung membanting teko tersebut dan naas kopi panas tersebut malah tumpah di pahanya. Kebetulan, saat kejadian tersebut Fenita sedang duduk, jadi, tumpahan kopi langsung menyerang pahanya.

BACA JUGA:

Sampai saat ini dikabarkan Fenita masih di rawat di RS Mayapada Jakarta. Operasi pemulihan pun sudah dilakukannya untuk memperbaiki luka bakar yang muncul setelah kejadian tersebut.

Dari kasus Fenita Arie ini, Anda tentunya bisa belajar sedikit mengenai fokus. Sebab, meskipun sudah terbiasa dengan melakukan multitasking, kesialan bisa saja datang kapan pun dan dimana pun. Termasuk saat sedang santai. Selain itu, penting juga untuk mengetahui apa sih yang sebetulnya bisa dilakukan ketika kulit Anda melepuh akibat tersiram air panas.

Dilansir dari critical choice first aid, berikut apa yang harus dan tidak boleh dilakukan saat Anda mengalami masalah ini:

1. Mendinginkan luka bakar segera! Tips paling sederhana adalah segera menuju sumber air mengalir, seperti kran di dapur. Dinginkan luka dengan air tersebut. atau Anda juga bisa dengan merendamnya dalam semangkuk air dingin, atau menggunakan semprotan atau spons.

2. Handuk basah tidak bekerja dengan baik untuk mendinginkan luka bakar, karena mereka hangat saat bersebelahan dengan kulit Anda. Air yang Anda gunakan harus dingin.

3. Jangan gunakan es, karena bisa menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.

4. Jika kulit Anda sudah melepuh, menahannya dengan tangan sendiri akan membantu mencegah pembengkakan.

5. Lepaskan cincin, gelang, atau jam tangan di dekat area yang terbakar. Menggunakan perhiasan bisa menambah parah kondisi pembengkakan.

6. Lepaskan atau jauhkan pakaian di area yang terbakar setelah Anda mendinginkannya. Tapi jangan melepas pakaian yang menempel di kulit Anda.

7. Jika Anda perlu ke dokter, tutupi luka bakar Anda sebelum Anda pergi. Anda bisa mengoleskan dressing tipis yang dibalut di tempatnya. Cling film juga bekerja dengan baik namun tidak membungkusnya di sekitar lengan atau kaki Anda. Ini akan menjadi terlalu ketat jika daerah membengkak. Lapisi film cling on piece demi sepotong dan tahan di tempat.

8. Jangan menaruh krim atau salep pada luka bakar Anda. Ini tidak akan membantu meredakan luka bakar Anda dan jika Anda memerlukan perawatan medis, hal pertama yang perlu dilakukan oleh rumah sakit atau dokter adalah menggosok luka tersebut dan ini rasanya sangat sakit.

9. Mintalah saran apoteker Anda mengenai obat penghilang rasa sakit di counter.

BACA JUGA:

10. Jangan sembarangan kelupas luka karena ini membuat luka semakin terbuka dan meningkatkan kemungkinan infeksi.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini