Kapan Waktu Tepat untuk Mengonsumsi Kacang-kacangan agar Nutrisinya Diserap Tubuh Maksimal?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 November 2017 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 30 481 1823263 kapan-waktu-tepat-untuk-mengonsumsi-kacang-kacangan-agar-nutrisinya-diserap-tubuh-maksimal-3R5Ogkx1X8.jpg Kacang-kacangan (Foto: Imalayalee)
 

MENGONSUMSI makanan kecil, atau biasa disebut ngemil memang menyenangkan. Tentu tambah menyenangkan lagi, jika camilan yang disantap adalah camilan sehat yang memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Bicara soal camilan sehat, para ahli banyak menyarankan untuk memilih kacang-kacangan dan buah kering sebagai salah satu pilihan camilan paling sehat. Seperti yang disebutkan dalam buku Healing Foods by DK Publishing, beberapa zat anti-oksidan tertinggi levelnya pada plant foods terdapat pada kacang-kacangan. Zat anti-oksidan diketahui adalah sebagai zat penting untuk tubuh agar tubuh dapat melawan inflamasi dan kerusakan sel-sel dalam tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Kacang-kacangan juga kaya akan serat, lemak sehat, vitamin dan mineral. Disebutkan lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam kacang-kacangan ini bisa berguna untuk menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi pembuluh darah dan memberikan manfaat bagi otot dan persendian.

Menurut Mehar Rajput selaku nutritionist dari FITPASS, kacang-kacangan hadir dengan kandungan makro nutrisi berbagai tipe seperti iron, kalsium, asam lemak omega 3, mineral, pottasium, magnesium, zat besi, kalsium, asam lemak tak jenuh, dan masih banyak lagi makro nutrisi lainnya yang kesemuanya bermanfaat sebagai generator tubuh.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal bagi tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan pun harus diperhatikan dari segi waktu menyantapnya. Sebagaimana disitat Ndtv, Kamis (30/11/2017) disebutkan bahwa jika ingin mendapatkan manfaat maksimum dari menyantap kacang-kacangan, maka disarankan untuk mengonsumsinya di waktu pagi hari. Menyantap kacang-kacangan bersama dengan menu sarapan di pagi hari, diketahui lebih lanjut bisa membantu untuk mengurangi rasa lelah di tubuh, dan secara perlahan namun pasti dapat melancarkan tekanan darah di tubuh.

Lebih lanjut, berikut eating plan mengonsumsi kacang-kacangan dari ahli nutrisi, Mehar Rajput yang bisa dicontoh.

1. Pagi hari : Di pagi hari, kacang yang bisa dipilih adalah kacang almond, sebab kacang satu ini kaya akan nutrisi sehat yang ideal untuk tubuh dalam memulai aktivitas harian.

2. Siang hari : Untuk siang hari, pilihan kacang yang bisa disantap adalah pistachios, cashew, dan pine. Ketiga jenis kacang ini diketahui dapat meningkatkan imun dan stamina untuk tubuh, setelah beraktivitas seharian.

3. Malam : Sedangkan untuk mengemil di malam hari, kacang walnuts, prunes, dan dates. Tiga varian kacang ini hadir dengan kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mengurangi masalah yang berhubungan soal pencernaan. Mengonsumsi tiga varian kacang ini di malam hari, akan memastikan Anda tidak merasa begah dan susah ke belakang keesokan harinya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini