Tumbuh Rambut Halus di Sekitar Puting Payudara, Normalkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 01 Desember 2017 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 30 481 1823335 tumbuh-rambut-halus-di-sekitar-puting-payudara-normalkah-2fbcKDXBup.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

BAGI sebagian orang, kelebihan rambut atau bulu di anggota tubuhnya adalah sesuatu yang menjengkelkan. Khususnya kaum hawa yang sepertinya ingin mulus bagian tubuhnya bahkan dari bulu-bulu halus.

Tapi, pada kebanyakan orang, bulu atau rambut selain rambut di kepala tidak bisa dipungkiri akan terus tumbuh karena masalah gen. Kalau sudah begitu, laser dan treatment penghilangan bulu pun rutin dilakukan. Sekali lagi, biar totally mulus!

Eh tapi, sadar atau tidak bulu atau rambut juga tumbuh di daerah vital. Sebut saja yang mungkin tidak pernah terpikirkan yaitu di daerah payudara, tepatnya di lingkar puting. Ganggu? Hmm... Tergantung orangnya saja.

Nah, masalah ini pun menjadi perdebatan banyak pihak. Ya, banyak yang beranggapan bulu di puting payudara adalah wajar, ya, semacam bulu berlebih di sekitaran ketiak. Dan jumlah helaiannya pun tidak akan selebat itu juga. Jadi, ada yang menganggapnya biasa saja.

Tapi, sebetulnya, apakah normal daerah puting ditumbuhi rambut halus?

Dilansir dari Self, Jumat (1/12/2017), Anda perlu ketahui bahwa hampir semua orang memiliki beberapa tingkat rambut di payudara mereka. Jadi, Anda tidak sendiri!

Apa yang orang biasanya sebut "puting susu" biasanya tidak sama dengan puting susu sama sekali. Sebagai gantinya, rambut ini sering muncul di areola, alias lingkaran berpigmen di sekitar puting susu Anda, dan kulit payudara non-puting lainnya.

"Sangat umum bagi wanita untuk memiliki rambut di sekitar puting susunya," kata Joshua Zeichner, M.D., dermatolog bersertifikat papan atas yang berbasis di New York City dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Medical Center, kepada DIRI.

Persentase yang tepat dari berapa banyak wanita yang memiliki rambut payudara tidak diketahui, karena ini bukan sesuatu yang telah dipelajari secara luas atau bahwa wanita biasanya melapor ke dokter mereka. Namun, pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, M.D., mengatakan kepada SELF bahwa rambut payudara "sangat umum."

Tapi ... kenapa itu ada?

Secara biologis, manusia cenderung mengembangkan rambut tubuh karena berbagai alasan, beberapa di antaranya ilmuwan belum sepenuhnya menunjuk.

Rambut di sekitar puting susu Anda mungkin bagian penting dalam mengatur suhu tubuh Anda, kata Dr. Zeichner. Karena hal-hal seperti pendingin udara, pemanas, dan sweater bisa melakukannya sekarang, rambut di sekitar puting susu Anda tampaknya tidak melayani tujuan tersebut. Anggap saja hiasan payudara.

Ada beberapa faktor yang bisa menentukan berapa banyak (atau seberapa sedikit) rambut yang Anda miliki di payudara Anda.

Seperti jenis rambut tubuh lainnya, rambut payudara bisa bervariasi dalam jumlah, ketebalan, dan warna dari orang ke orang.

Sama halnya dengan rambut kemaluan Anda, rambut juga bisa terlihat berbeda dari rambut di bagian tubuh Anda yang lain, kata Dr. Zeichner.

Menurut Sherry A. Ross, M.D., pakar kesehatan wanita dan penulis She-ology: Panduan Definitif untuk Kesehatan Intim Wanita, Anda mungkin melihat lebih banyak rambut tumbuh di sekitar puting susu Anda jika hormon Anda berfluktuasi lebih dari biasanya, seperti saat hamil.

Lebih lanjut, gelombang estrogen yang diinduksi kehamilan dapat memperpanjang fase pertumbuhan rambut Anda, jadi seperti rambut di kepala Anda dapat terasa sangat panjang dan subur saat Anda hamil, demikian juga rambut di payudara Anda. Semuanya normal.

Dr. Ross mengatakan, jika Anda memperhatikan bahwa Anda memproduksi lebih banyak rambut daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda adanya kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebihan di wajah dan tubuh Anda. Jenis pertumbuhan rambut ini dikenal sebagai hirsutisme dan bisa terjadi karena hormon pria tinggi, seperti testosteron, yang merupakan karakteristik umum PCOS.

Ingatlah bahwa memiliki rambut di sekitar puting susu Anda tanpa gejala lain bukanlah pertanda PCOS, tegas Dr. Wider. Tapi jika Anda memperhatikan lebih dari biasanya dan Anda juga mendapatkan rambut di wajah Anda, ditambah dengan gejala seperti jerawat yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur, perlu memberi les untuk dokter Anda.

Sebab, kondisi ini dapat mengevaluasi Anda dan jika perlu, merekomendasikan perawatan seperti pengendalian kelahiran atau obat lain untuk mencegah pertumbuhan rambut yang berlebihan.

Sementara itu, tidak ada alasan untuk merasa aneh tentang hal itu, atau seperti payudara Anda harus sehalus dan tidak berbulu seperti lumba-lumba bayi. Tapi jika Anda benar-benar tidak tahan memiliki rambut payudara, Anda bisa menghilangkannya persis seperti Anda mencabut rambut alis Anda (dan itu mungkin menyakitkan, seperti yang bisa dilakukan dengan alis Anda).

Kulit di sekitar puting susu Anda halus dan mudah teriritasi, jadi pisau cukur dan lilin adalah pilihan yang dicor daripada sekadar tweezing.

Jika Anda memiliki lebih banyak rambut di sekitar puting susu Anda daripada yang Anda minati, dokter kulit dapat berbicara kepada Anda tentang elektrolisis (prosedur yang melibatkan memasukkan jarum kecil ke dalam folikel rambut dan mengirimkan arus listrik untuk menghancurkan akar) atau hair removal laser.

Perlu diingat bahwa hair removal laser berisiko membuat perubahan warna pada kulit atau efek samping lainnya, jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda melihat seseorang yang tahu apa yang mereka lakukan.)

Sekali lagi, memiliki rambut di sekitar puting Anda sangat normal dan bukan sesuatu yang perlu Anda stres atau pertimbangkan untuk melepaskannya jika tidak mengganggu Anda.

Tapi, jika itu mengganggu Anda atau sepertinya ada tanda ada yang beres dengan kesehatan Anda, bicarakan dengan dokter Anda untuk mendiskusikan cara-cara Anda bisa menggigit rambut payudara yang mengganggu sejak awal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini