nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedapnya Menyantap Ikan Kuah Asam & Sambal Colo Colo di Ternate

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 02 Desember 2017 10:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 02 298 1823996 sedapnya-menyantap-ikan-kuah-asam-sambal-colo-colo-di-ternate-NUbNcKYaCW.jpg Wisata kuliner Ternate (Foto:Utami/Okezone)

 

BERKUNJUNG ke suatu tempat kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Apalagi jika berkunjung ke daerah yang dikenal dengan hasil lautnya.

Ternate di Maluku Utara misalnya. Kota yang berada di kaki Gunung Gamalama ini dikenal sebagai penghasil makanan laut yang besar. Memiliki daratan yang subur dan dikelilingi oleh lautan luas, Ternate tak hanya mengandalkan bahan makanan dari hasil perkebunan. Tetapi juga ikan dan makanan hasil olahan dari laut.

Jika berkunjung ke Ternate, satu hal yang tak boleh Anda lewatkan yaitu mencicipi ikan kuah asam dan ikan bakar. Jangan lupa pula untuk mencicipi sambal colo colo, sambal khas dari Maluku yang biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan.

BACA JUGA:

5 Menu Paling banyak Diburu Tamu Resepsi Pernikahan, Sebaiknya Disediakan

Untuk menyantap makanan dari ikan segar, Anda bisa mengunjungi satu dari beberapa tempat makan yang terkenal di pulau ini. Biasanya, menu yang ditawarkan adalah ikan bakar dan ikan kuah asam.

Ikan kuah asam menjadi menu yang paling cocok di siang hari di Ternate. Terutama ketika cuaca sedang cerah, makanan berkuah adalah pilihan yang tepat. Seperti yang Okezone lakukan ketika berada di Ternate. 

Siang itu, Okezone mencicipi ikan kakap merah yang dimasak dengan kuah asam. Ikan kuah asam disajikan di wadah kaca dengan potongan-potongan yang sedang. Kuah bening yang tercampur dengan larutan bumbu dapur terlihat menggoda untuk diseruput.

 

Kuahnya terasa menyegarkan dengan sensasi rasa asam dari jeruk nipis. Kuah tersebut juga kaya akan rasa yang berasal dari beberapa bumbu dapur. Mulai dari daun kemangi, tomat, bawang merah, dan daun bawang. Beberapa potongan buncis juga dimasukkan ke dalam masakan, terasa lebih segar karena hanya dimasak setengah matang.

Menyeruput kuah asam dan potongan ikan serta menyuapkan nasi terasa seperti sebuah hadiah untuk lidah. Ditambah dengan sambal colo colo yang asam dan pedas. Ikan segar dan kuahnya yang asam benar-benar membuat lidah ingin terus merasakannya. Seakan setuju dengan lidah, perut pun terasa siap menampung makanan tersebut sebanyak-banyaknya.  

Beralih dari ikan kuah asam, ikan bakar juga pilihan yang tepat untuk dimakan kapan pun Anda menginginkannya. Ikan-ikan masih terasa segar karena merupakan hasil tangkapan hari itu. Istilah "ikan mati sekali" cukup terkenal di sini untuk menggambarkan ikan yang segar. 

Untuk melengkapi rasa, cocolkan daging ikan bakar ke sambal colo colo. Sambal colo colo memiliko cita rasa asam yang unik. Terdiri dari cabai rawit yang dibiarkan utuh, tomat, dan bawang merah. Sambal dengan sedikit air hangat ini kemudian dilengkapi dengan sedikit garam dan perasan jeruk nipis, sehingga rasa asamnya terasa cukup kuat. 

 

BACA JUGA:

Cari Vendor Katering Pernikahan Terkenal? Yuk Simak 5 Katering Langganan Artis hingga Pejabat Penting

Sekilas, tampilan sambal colo colo mirip dengan sambal dabu dabu dari Manado. Perbedaannya hanya sedikit, yakni air hangat dan bentuk irisan bahan-bahan di dalamnya.

Mencocolkan ikan bakar ke sambal colo colo dijamin dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Selain sambal colo colo, Anda juga bisa menikmati sambal terasi dan sambal bawang yang disajikan oleh pemilik rumah makan. Anda juga bisa merasakan kangkung tumis segar yang membuat makan siang terasa lebih lengkap. 

Untuk minuman, es kelapa muda adalah pilihan tepat. Es dengan kelapa muda yang cukup tebal ini menggunakan air yang dicampur dengan gula merah. Rasa manis, dingin, dan segarnya kelapa muda tepat untuk melengkapi sajian menu ikan di siang hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini