nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Daftar Gunung di Indonesia yang Ditutup Pendakiannya Sementara

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 02 Desember 2017 11:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 02 406 1824006 5-daftar-gunung-di-indonesia-yang-ditutup-pendakiannya-sementara-y7yQriWvUO.jpg Gunung yang ditutup sementara jalur pendakiannya di Indonesia (Foto:ilustrasi/Cadventura)

MENDAKI gunung memang jadi candu yang sulit untuk dihentikan bagi beberapa orang. Terlebih bagi para pencinta alam, mendaki gunung sudah jadi bagian dari hidup mereka

Namun, tidak semua waktu aman bagi pendakian gunung. Saat musim penghujan misalnya, ada banyak risiko yang fatal bila tidak diperhatikan oleh para pendaki. Untuk itu, beberapa gunung ditutup sementara jalur pendakiannya hingga waktu yang tidak dapat ditentukan.

Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Sabtu (2/12/2017), berikut daftar gunung yang kini ditutup jalur pendakiannya.

BACA JUGA:

Menembus Batas, Pendaki Difabel Naik ke Puncak Gunung Sesean

1. Gunung Prau

Gunung Prau yang banyak diminati oleh para pendaki lokal maupun mancanegara ditutup saat ini. Penutupan tersebut disebarkan kabarnya melalui akun Instagram @mahaprau, dengan mengunggah surat pengumuman bercap resmi pengurus pos pendakian. Penutupan jalur pendakian gunung, menurut surat pengumuman karena cuaca sedang ekstrem, dan pendakian ditutup sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.


2. Gunung Galunggung

Gunung selanjutnya yang juga ditutup ialah Gunung Galunggung. Gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya tersebut ditutup karena Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencegah atau menghindari ancaman bahaya angin kencang terhadap pengunjung.

 

3. Gunung Gede Pangrango

Di sisi lain, gunung yang letaknya cukup dekat dari Jakarta, yaitu Gunung Gede Pangrango juga turut ditutup. Pasalnya, menurut surat edaran yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, mengatakan cuaca ekstrem di kawasan gunung bisa berpotensi angin kencang, dan hujan lebat yang dapat berakibat pohon tumbang, dan membahayakan para pendaki.

 

4. Gunung Cikuray

Sementara belum ada pernyataan ditutupnya jalur pendakian, kondisi cuaca di sekitar Gunung Cikuray tampak di kelilingi awan kumolonimbus. Awan hitam kelam yang rupanya menakutkan itu berada di dekat di Gunung Cikuray, dan menurut sumber yang dikumpulkan berpotensi badai. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendaki, harap mengumpulkan informasi terbaru sebanyak mungkin, demi keselamatan, dan jika tidak memungkinkan tahan ego untuk mendaki sampai cuaca lebih bersahabat lagi.

BACA JUGA:

Hore! Warga Sabang Bisa Berfoto Puas di Kapal-Kapal Sail Sabang 2017

5. Gunung Slamet

Hampir serupa dengan Gunung Cikuray, awan kumolonimbus juga berada di sekitarnya. Awan yang terbentuk karena ketidakstabilan atmosfer ini tampak vertikal, menjulang cukup tinggi, dan padat. Keadaan cuaca yang sedang tidak bersahabat dengan penjelajahan alam seperti sekarang mengharuskan para pendaki sebaiknya menahan keinginan untuk mendaki, dan menunggu cuaca lebih bersahabat.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini