nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tukang Cukur Ini Gunakan Pisau untuk Cukur Kelopak Mata Pelanggannya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 08:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 04 194 1824632 tukar-cukur-ini-gunakan-pisau-untuk-cukur-kelopak-mata-pelanggannya-DqWWyUgB3e.jpg Cukur Kelopak Mata (Foto: Reuters)

MENCUKUR rambut jadi kebiasaan yang dilakukan hampir setiap orang. Dengan menggunakan gunting, dan alat cukur lain seperti pisau cukur, biasanya ahli pangkas rambut akan mencukur rambut pelanggannya.

Namun, tidak semua pisau cukur digunakan hanya untuk memangkas rambut. Pasalnya, ada seorang tukang pangkas yang menggunakan pisau cukur untuk hal yang tidak wajar.

Tukang pangkas rambut yang ada di Cheng Du, Tiongkok tersebut menggunakan pisau cukur untuk membersihkan kelopak mata pelanggannya. Menyeramkan memang, tapi bagi pelanggannya, hal itu justru menyenangkan, dan bikin ketagihan.

"Tidak, itu tidak berbahaya. Mata saya semakin terasa segar setelah bercukur, dan terasa nyaman," ucap Zhang Tian, pria berumur 68 tahun, salah seorang pelanggan, dikutip dari Reuters, Senin (4/12/2017).

Langka memang kegiatan membersihkan kelopak mata seperti ini, apalagi menggunakan alat yang terkesan membahayakan seperti pisau cukur, yang dilakukan oleh Xiong Gaowu. Namun, bukan tanpa keahlian Gaowu melakukan hal tersebut, ada trik dan cara tersendiri.

"Saya harus melakukannya dengan lembut, bahkan sangat lembut," ucap Gaowu.

Banyak pelanggan Gaowu yang telah mempercayai keahliannya. Bagaimana tidak, pria berusia 62 tahun itu telah mempelajari praktek membersihkan kelopak mata dengan pisau cukur sejak 1980-an, dan menerima pelanggan setidaknya delapan orang dalam seminggu.

Dari keterampilan, dan keahliannya mencukur, serta membersihkan kelopak mata dengan cara yang ekstrem tersebut, Gaowu mendapat pemasukan sekira 80 Yuan perorang.

Praktek membersihkan kelopak mata dengan cara ekstrem ini, ternyata menurut dokter jadi salah satu cara untuk membuka kelenjar Sebaceous, sehingga orang dapat merasakan nyaman pada matanya, dan mata juga tidak terasa kering.

"Pasien akan merasa matanya kering jika kelenjarnya tersumbat, dengan membersihkannya, maka bisa membuat mata menjadi lebih segar," ucap Qu Chao, dokter mata rumah sakit terdekat.

Namun, risiko terkena infeksi bisa terjadi apabila alat yang digunakan tidak disterilkan terlebih dahulu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini