Makan Keju Setiap Hari Cegah Kolesterol Jahat Pemicu Penyakit Jantung

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 04 481 1824653 makan-keju-setiap-hari-cegah-kolesterol-jahat-pemicu-penyakit-jantung-RIILe6gdpX.jpg Manfaat Makan Keju (Foto: Wisconsin)

SEMUA keju kaya akan vitamin, mineral dan protein yang membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Hal ini sudah diteliti oleh para ahli tentang kebenarannya. Keju kerap ditambahkan ke dalam banyak jenis masakan. Keju dipakai sebagai penambah rasa pada beberapa jenis makanan.

Sayangnya, keju dihindari beberapa orang yang menjalankan hidup sehat. Kini harusnya tak ada lagi alasan itu karena keju memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Berdasarkan sebuah penelitian baru, makan seporsi keju setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke fatal.

Seporsi keju seukuran kotak kecil mengurangi peluang sebesar 14%. Hampir semua keju kaya akan vitamin, mineral dan protein yang membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.

Keju juga mengandung kadar kalsium tinggi dan lemak yang mudah diserap tubuh. Dalam penelitian ini, peserta makan sekira 40 gram sehari, dalam beberapa tahun mengalami penurunan risiko penyakit mematikan itu.

Penelitian menunjukkan, seseorang yang makan keju meningkatkan tingkat kolesterol baik, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat.

Profesor Nutrisi Gizi Makanan Ian Givens mengatakan, kalsium dari produk susu seperti keju memainkan peran penting dalam mengurangi lemak di tubuh. Dengan ini, seseorang dapat mengurangi risiko jantung secara perlahan-lahan.

Tak hanya itu, produk susu yang lainnya seperti yoghurt juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Mengingat penyakit ini saat ini memiliki prevalensi terbanyak.

"Ada hubungan antara lemak dan kalsium yang mudah dicerna. Makan keju juga jauh dari efek negatif yang tak diinginkan," ujar Sophie Clarke dari British Cheese Board, dilansir Zeenews, Senin (4/12/2017).

Melihat secara khusus keju, sejumlah penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara mengonsumsi keju dan penyebab penyakit jantung. Manfaatnya justru sebaliknya, makan keju dapat mencegah penyakit itu.

http://zeenews.india.com/health/daily-consumption-of-cheese-linked-to-reduction-in-heart-attack-stroke-risk-2062681

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini