Image

Ternyata Kepribadian Pengaruhi Kesehatan Anda

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 04 481 1824796 ternyata-kepribadian-pengaruhi-kesehatan-anda-xxjieAvzwk.jpg Kepribadian pengaruhi kesehatan Anda (Foto: Boldsky)

TINGGAL di perkotaan yang notabennya dipenuhi oleh pencemaran sering dijadikan penyebab atas masalah kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa kepribadian seseorang ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan?

Dilansir dari Boldsky, Senin (4/12/2017), kepribadian yang dimiliki oleh seseorang dapat berpengaruh pada masalah kesehatannya. Bisa berakibat baik, bisa pula berdampak buruk. Simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahu.

Jika Anda pemalu

Masalah terbesar yang Anda hadapi ialah ketakutan Anda untuk berkomunikasi dengan orang asing. Umumnya, orang yang memiliki kepribadian pemalu memeiliki masalah kesehatan yang tidak terdeteksi. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Northwestern di Chicago, orang pemalu berisiko 40% mengalami serangan jantung atau stroke. Studi tersebut juga menemukan bahwa orang pemalu sering gagal mengomunikasikan masalah dan gejala mereka ke tim medis.

Jika Anda terlalu banyak khawatir

Jangan terlalu khawatir dengan masalah-masalah yang Anda punya. Sebab, orang yang terlalu khawatir akan berpengaruh pada kesehatan mental. Mengapa? Karena kekhawatiran yang berlebihan akan meningkatkan stres, yang menyebabkan terjadinya gangguan pola makan, sindrom metabolik, neurosis, dan psikosis. Jika Anda memiliki kepribadian ini sebaiknya Anda mengurangi rasa cemas Anda dan lebih fokus kepada solusi daripada masalah tersebut.

Jika Anda orang yang selalu berpikiran optimis

Menurut studi selama 30 tahun yang dilakukan oleh Mayo Clinic di Amerika Serikat, orang yang memiliki kepribadian optimis akan mengurangi risiko kematian dini hampir 50% dibandingkan dengan orang yang pesimis. Dan juga, orang yang optimis diindikasi memiliki kekebalan tubuh lebih baik. Meskipun belum ada mekanisme pasti, alasan yang masuk akal ialah adanya hubungan antara pikiran dengan tubuh.

Jika Anda orang yang suka berdebat

Jika Anda gemar menentang segala hal, maka Anda harus berhati-hati. Menurut studi University of Utah, mereka yang gemar bedebat atau menentang segala sesuatu lebih berisiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang lebih tenang. Faktanya, wanita yang kerap melakukan pertentangan mengalami arteri yang mengeras, sedangkan pad apria cenderung mengembangkan aterosklerosis di pembuluh koroner mereka.

Jika Anda romantis

Orang-orang yang romantis cenderung menyentuh pasangan mereka lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak romantis. Kontak fisik inilah yang mengakibatkan hormon oksitosin tetap terjaga, sehingga menimbulkan ketenangan, kepercayaan, dan stabilitas psikologi, serta menjaga tekanan darah.

Jadi tipe kepribadian yang manakah Anda?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini