nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunci Bikin Sambal Matah Makin Ajib, Chef Mandif Warokka: Diremas Sedikit!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 17:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 05 298 1825559 kunci-bikin-sambal-matah-makin-ajib-chef-mandif-warokka-diremas-sedikit-VBJK1Cxo0U.jpg Sambal Matah (Foto: Tiara/Okezone)

SAMBAL bisa dikatakan sebagai salah satu masakan khas Indonesia. Banyak orang yang memiliki slogan "Makan kurang nikmat jika tidak pakai sambal". Bahkan ada beberapa orang sampai membawa sambal ketika mereka bepergian ke luar negeri.

Meskipun terlihat sederhana, tapi membuat sambal tidak bisa dikatakan sebagai sesuatu yang mudah. Tidak semua orang dapat membuat sambal yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Maka tak heran bila suatu rumah makan ramai didatangi pengunjung karena rasa sambalnya yang pas di lidah.

Ada beberapa jenis sambal yang akrab di lidah masyarakat. Sebut saja sambal terasi, sambal bawang, sambal tomat, sambal mangga, sambal kecap, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa daerah punya sambal khasnya masing-masing. Contohnya sambal ijo dari Padang, sambal dabu-dabu dari Manado, dan sambal Matah dari Bali.

Kali ini Okezone akan membahas mengenai sambal matah. Sesuai dengan namanya yang berarti mentah, sambal matah tidak melewati proses masak dengan api. Sambal ini terdiri dari irisan bawang merah, cabai, sereh, dan daun jeruk. Ada pula bahan tambahan yang digunakan seperti garam, minyak kelapa, jeruk limo, dan terasi.

Chef Mandif Warokka, chef yang menguasai masakan tradisional Nusantara khususnya masakan Bali membagikan tips membuat sambal matah yang nikmat. "Pertama iris halus bawang merah. Kemudian potong cabai, sereh, dan daun jeruk. Bila sudah campurkan dengan garam, minyak kelapa, dan terasi. Untuk terasi boleh pakai, boleh tidak. Terakhir tambahkan perasan jeruk limo. Harus jeruk limo karena kalau jeruk nipis nanti rasanya sedikit berbeda," tutur Chef Mandif saat ditemui Selasa (5/12/2017) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Hal penting yang harus dicatat adalah saat mencampurkan bahan jangan hanya menggunakan sendok melainkan remas menggunakan tangan. "Nakal sedikitlah diremas sedikit dengan pelan. Kalau cuma dicampur pakai sendok nanti rasanya tidak keluar. Agar tangan tidak panas, bisa pakai sarung tangan plastik," terang Chef Mandif sambil bergurau. Sementara itu, untuk jumlah bawang merah dan cabai yang digunakan tergantung dari selera masing-masing orang. Bila Anda suka pedas, Anda bisa menambahkan cabai lebih banyak.

Sambal matah cocok untuk disajikan dengan berbagai menu masakan. Biasanya pada masakan Bali sambal ini disajikan bersama ayam dan bebek betutu, sate lilit, dan ikan bakar.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini