nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Gosok Kasar, Begini Cara Lembut Hilangkan Kerak di Dasar Panci

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 05:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 05 298 1825634 jangan-asal-gosok-kasar-begini-cara-lembut-hilangkan-kerak-di-dasar-panci-9bmHuilvlZ.jpg Cara bersihkan kerak panci gosong (Foto:Thekitchn)


 

PANCI atau pan yang berkerak bekas memasak, adalah salah satu permasalahan di dapur yang biasanya dialami oleh para ibu rumah tangga.

Jika nekat menggunakan alat penggosok alias scrubber yang terlalu kasar seperti steel wool atau pembersih yang ekstra kuat, alih-alih panci atau pan menjadi bersih, yang ada pan dan panci kesayangan bisa menjadi rusak.

Untuk menghilangkan kerak bekas memasak yang menempel di dasar pan atau panci ini, sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan metode yang lebih lembut. Penasaran kan apa saja caranya? Sebagaimana dikutip Thekitchn, Rabu (6/12/2017) berikut ulasannya.

 BACA JUGA:

Kunci Bikin Sambal Matah Makin Ajib, Chef Mandif Warokka: Diremas Sedikit!

 

1. Rebusan air panas :

Jika panci atau pan di rumah terbuat dari material bahan stainless steel atau enamel, metode dengan memakai air panas bisa digunakan untuk meluruhkan kerak-kerak yang menempel ini. Caranya, taruh panci atau pan di atas kompor menyala, setelah cukup panas, langsung tuangkan air panas ke dalam panci, biarkan mendidih sebentar (jika mau, bisa tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring), kemudian gunakan sendok kayu atau spatula nilon untuk meluruhkan kerak-kerak gosong menghitam tersebut.

2. Rebusan cuka :

Metode yang kedua ini, pengaplikasiannya sama dengan metode dengan air panas. Hanya saja media air, diganti dengan cairan cuka. Setelah panci atau pan sudah cukup panas (hingga terdengar bunyi desihan ketika diteteskan setetes air), tuangkan satu gelas (257ml) cairan cuka ke dalam panci atau pan, biarkan mendidih sesaat, baru gunakan sendok kayu atau spatula nilon untuk merontokkan kerak-kerak gosong menghitam. Sebagai catatan, metode nomor satu dan dua ini tidak bisa diaplikasikan pada nonstick pan.

3. Rendam dengan sabun :

Cara mudah lainnya untuk memudahkan mengangkat kerak-kerak gosong terbakar di dasar panci atau pan, ialah bisa dengan merendamnya dengan air sabun. Mudah saja kok, cukup teteskan sabun pencuci piring secukupnya ke dalam pan, tuangkan air panas, diamkan dan rendam selama beberapa jam atau bisa juga hingga semalaman. Setelah direndam dalam waktu yang cukup lama, buang terlebih dahulu air rendaman lalu isi pan atau panci dengan air baru bersuhu hangat, baru gosok perlahan kerak-kerak gosong dengan nylon scrubbie.

BACA JUGA:

Kuliner Khas Bali Diprediksi Jadi Tren Baru di Jakarta

4. Pasta baking soda :

Metode ini bisa digunakan pada panci atau pan yang terbuat dari material bahan stainless steel dan enamel, namun tidak untuk peralatan bakeware dari aluminium. Tekniknya, campurkan baking soda dengan air hangat (dalam rasio yang sama), aduk rata sampai jadi pasta kental, balurkan pasta kental ini ke area panci atau pan yang gosong terbakar, gosok-gosok perlahan sampai kerak menjadi luruh. Bilas bersih dengan menggunakan air hangat, lalu ulangi proses ini hingga setiap area dasar panci atau pan yang gosong bisa perlahan-lahan bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini