nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rugi! Tidak Sarapan Dapat Ubah Jam Biologis Seseorang

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 09:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 05 481 1825267 rugi-tidak-sarapan-dapat-ubah-jam-biologis-seseorang-n1f1N6fyyW.jpg Pentingnya Sarapan (Foto: Zeenews)

Begitu pentingnya sarapan bagi kesehatan seseorang. Kalau dilewatkan, Anda cepat mengalami kegemukan yang buruk dampaknya, serta mengubah jam biologis seseorang. 

Tak hanya itu, tidak sarapan juga membuat jam biologis seseorang terganggu. Banyak masalah yang dihadapi, terutama berkaitan dengan sistem pencernaan.

Untuk penelitian ini, melibatkan 18 responden sehat dan 18 responden obesitas dengan diabetes. Mereka ikut serta dalam studi yang membuatnya harus sarapan dan makan siang. Pada hari berikutnya mereka hanya mendapatkan makan siang saja.

Fakta yang diketahui bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting bagi seseorang untuk memulai hari. Orang harus berenergi untuk mengisi harinya.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bagaimana melewatkan makanan pertama hari ini yang dapat menghambat kesehatan seseorang. Sekarang, sebuah penelitian baru menemukan bahwa melewatkan sarapan dapat mengganggu jam biologis tubuh.

Akibatnya, seseorang juga dapat mengalami kenaikan berat badan. Bahkan jika seseorang tidak makan berlebihan sepanjang sisa hari itu.

Kebiasaan makan yang tidak teratur seperti melewatkan sarapan sering dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2, hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Namun dampak waktu makan yang tepat pada jam biologis tubuh kurang jelas.

Peneliti dari Universitas Tel Aviv (TAU) dan Hebrew University di Israel menemukan bahwa efek sarapan pada tubuh yang mengatur tanggapan glukosa dan insulin pasca makan dari orang yang sehat dan penderita diabetes.

"Studi kami menunjukkan konsumsi sarapan memicu ekspresi gen siklus siklik yang tepat dan mengarah ke kontrol glikemik yang lebih baik," kata Daniela Jakubowicz dari TAU, dilansir Zeenews, Selasa (5/12/2017).

Get ini tidak hanya mengatur perubahan metabolisme glukosa sirkadian. Tapi juga mengatur berat badan, tekanan darah, fungsi endotel dan aterosklerosis.

"Waktu makan yang tepat untuk sarapan yakni sebelum 09:30. Kalau lebih dari it dapat menyebabkan peningkatan keseluruhan metabolisme tubuh, memfasilitasi penurunan berat badan, dan menunda komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 2 dan gangguan terkait usia lainnya," katanya.

Faktanya, karena tidak sarapan tubuh dapat berubah ekspresi gen hanya dalam waktu 4 jam. Hal ini sangat mengesankan dan alih-alih berbahaya dalam jangka panjang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini