nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Sajian Natal Kue Jahe Bantu Kurangi Nyeri Sendi

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 18:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 05 481 1825530 makan-sajian-natal-kue-jahe-bantu-kurangi-nyeri-sendi-SM1U1UEWSd.jpeg Makan kue jahe bantu kurangi nyeri sendi (Foto: Foodnetwork)

GINGERBREAD cookies atau kue jahe sering disajikan sebagai camilan perayaan Natal. Untungnya, makan kue tersebut bisa membantu melawan peradangan otot dan nyeri sendi akibat cuaca dingin.

Jahe kerap sekali digunakan sebagai rempah masakan khas Indonesia. Jika Anda banyak konsumsi makanan berbasis jahe dapat mengobati segala macam nyeri.

Adapun gangguan nyeri yang sering dialami seseorang yakni gangguan pencernaan, nyeri haid dan menurunkan kadar kolesterol. Dalam jangka panjang, makanan berbasis jahe dapat mencegah kanker dan melindungi penyakit Alzheimer. Karena jahe telah terbukti menjadi akar ajaib yang bisa menangkal penyakit.

Berdasarkan penelitian, jahe bisa membantu mengurangi peradangan yang bisa dialami tubuh manusia. Jahe juga dapat mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan. Salah satunya yakni membantu menghilangkan gejala artritis.

Para ilmuwan telah mengklaim bahwa konsumsi gingerbread atau cookies yang sering ada dalam perayaan Natal bisa membantu mengurangi peradangan. Gangguan itu diianggap sebagai salah satu tanda utama radang sendi.

Peneliti menemukan, ramuan jahe memproduksi asam salisilat atau senyawa alami yang juga ditemukan pada obat antiinflamasi non steroid (NSAID), yang digunakan untuk mengobati radang sendi secara medis.

Asam salisilat dianggap sebagai salah satu senyawa yang membantu mengurangi nyeri sendi dan ketidaknyamanan.

Berbicara tentang penelitian tersebut, para ilmuwan mengatakan, jahe dapat mengurangi aktivitas beberapa zat kimia yang meningkatkan peradangan sendi. Jahe adalah obat herbal yang relatif dapat ditoleransi dengan efek samping ringan.

Baca Juga:

Studi juga menyebutkan, orang-orang dengan masalah nyeri sendi dan mengonsumsi suplemen jahe dan ibuprofen, meringankan gejala nyeri sendi yang signifikan, dibandingkan dengan yang memakai tablet tanpa efek medis.

Sementara itu, sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa pasien osteoarthritis memiliki rasa sakit yang jauh lebih sedikit, saat mengonsumsi dua suplemen jahe 255 mg sehari selama 6 bulan.

Tapi sayang, saat ini tidak ada obat untuk arthritis, namun beberapa obat dan suplemen dapat membantu mengurangi gejalanya. Termasuk konsumsi makanan yang mengandung jahe alami dapat meringankan gejala nyeri sendi. Demikian dilansir Zeenews, Selasa (5/12/2017). (Hel)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini