Punya Anak "Istimewa", Istri Wakapolda Jabar: "Saya Tidak Kurung Dia Seperti Bukan Manusia"

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 06 196 1825981 punya-anak-istimewa-istri-wakapolda-jabar-saya-tidak-kurung-dia-seperti-bukan-manusia-0LTs2DeE5J.jpeg Istri Wakapolda Jabar dengan anaknya (Foto:Sukardi)

 

MEMILIKI anak “istimewa” bukan hal yang mudah. Kesabaran, keuletan, dan pengertian yang luar biasa seharusnya dimiliki oleh setiap orangtua yang anaknya bisa dikatakan berbeda dari yang lainnya.

Novi Supratman membuktikan hal tersebut. Anak keduanya, Naura Putri Supratman, didiagnosis autis. Pada awalnya diakui Novi memang sulit untuk bisa menerima. Tapi, bagi Novi, untuk apa menyesali, lebih baik bersyukur dan tetap berjuang untuk masa depan si anak.

“Saya mengetahui Nuara “istimewa” itu saat usianya 2 tahun. Perkembangan diri anak it uterus menurun. Sampai akhirnya Naura menjalani pemeriksaan dan kalimat “anak istimewa” itu terucap oleh seorang dokter,” cerita Novi pada Okezone saat ditemuinya di kawasan Bandung, Jawa Barat, Selasa,  5 Desember 2017.

Semenjak itu, Novi mengaku harus lebih sayang dengan Naura. Mungkin karena itu juga, gadis yang kini berusia 20 tahun, sepertinya semakin menemukan siapa dirinya yang sebenarnya. Memiliki ketertarikan lebih pada dunia fashion, mahir melukis, dan jago mengolah suara, sepertinya berkah yang patut disyukuri oleh Novi dan keluarganya.

BACA JUGA:

Dulu Diejek Mirip Penyihir, Kini Wanita Ini bak Putri Kerajaan

Bicara mengenai pola asuh, sampai akhirnya Naura bisa mengenali siapa dirinya tentu ada campur tangan keluarga, ya, salah satunya tangan Novi. “Sudah sejak kecil Naura suka menggambar. Semakin ke sini, dia semakin tertarik untuk membuat baju princess. Sampai akhirnya, saya masukkan dia ke short course fashion dan ternyata bakat itu nyata adanya sekarang,” papar Novi.

Begitu juga dengan bakat Naura dalam bernyanyi. Menurut Novi, itu pun diketahuinya tidak sengaja. Naura suka sekali bernyanyi di rumah. Karena itu juga, saya sering ajak Naura untuk ikut lomba bernyanyi atau mengajaknya untuk bernyanyi di depan banyak orang.

“Saya tidak kurung dia seperti bukan manusia. Saya malah ajak dia bertemu dengan orang lain agar Naura bisa berinteraksi dengan banyak orang. Itu yang saya rasa bisa memberikan semangat bagi Naura untuk tetap mau mengembangkan bakatnya,” tutur istri dari Wakapolda Jawa Barat,  Brigjen Pol Supratman ini.

Ya, ada beberapa orangtua yang mungkin merasa malu memiliki anak “istimewa”. Sampai akhirnya si anak tidak diperbolehkan keluar rumah, orang lain tidak boleh ada yang tahu, pun juga ada yang sampai anak tersebut diperlakukan tidak manusiawi.

“Menurut saya, ketika si anak diberikan pemahaman yang benar dan dengan cara yang benar, si anak akan mengerti. Kesabaran dan tekad yang baik tentunya akan membuat Anda, para orangtua yang memiliki anak “spesial”, bisa lebih mencintai si anak,” ucapnya.

BACA JUGA:

Berkenalan dengan Hanna Aulia Khadijah Desainer Berusia 10 Tahun

Ada satu hal yang menurut Novi ini penting. “Saya titip pesan, bagi orangtua yang memiliki anak “istimewa”, gali terus bakat dan kemampuan diri si anak. Jangan pernah putus asa. Sebab, si anak punya hak yang sama dengan anak lainnya, yaitu punya masa depan yang cerah dan itu tugas orangtua untuk bisa membantu si anak meraih mimpinya,” tambah dia.

Perlu Anda ketahui, Naura adalah salah satu jebolan Islamic Fashion Institute yang baru saja mengeluarkan koleksi terbarunya yang bertajuk “Colorado”. Semua koleksi yang dibuat Naura berasal dari tangannya sendiri dan beberapa pihak mengapresiasi tinggi apa yang telah diciptakan Naura ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini