Image

5 Keutamaan Salat Berjamaah

Kamis 07 Desember 2017, 04:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 06 196 1826305 5-keutamaan-salat-berjamaah-fbPUpwqBJG.jpg Ilustrasi. Umat Islam Salat Berjamaah di Masjid Istiqlal (Foto: Dok Okezone)

KEUTAMAAN salat berjamaah sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Semua orang sudah tahu salat berjamaah lebih utama daripada salat sendiri. Bahkan, dalam sebuah lagu Qosidah pun terdapat syair yang menyatakan keutamaan salat berjamaah.

Nabi bersabda bahwa salat orang laki-laki yang dilakukan dengan cara berjamah itu lebih baik daripada salat selama 40 tahun yang dilakukukan orang laki-laki di rumahnya secara munfarid (sendiri).

Dalam sebuah riwayat juga dinyatakan bahwa salat berjamaah itu lebih utama daripada salat munfarid (salat sendirian), yakni perbandingan pahala antara salat berjamaah dengan salat sendiri adalah 1 banding 27 derajat. Sungguh perbandingan yang sangat luar biasa.

Adapun dalam sebuah riwayat yang lain, Nabi juga bersabda bahwa Allah akan memberikan keutamaan bagi orang-orang yang melakukan salat lima waktu dengan cara berjamaah. Keutamaan tersebut adalah:

1. Terhindar dari musibah kemiskinan.

Orang-orang yang selalu melakukan salat lima waktu dengan berjamaah, maka Allah akan menghindarkan orang-orang tersebut dari musibah kemiskinan di dunia karena Allah berjanji akan selalu mencukupi rizki orang-rang yang senantiasa salat berjamaah.

2. Terhindar dari siksa kubur.

Allah akan mengangkat atau membebaskan orang-oarang yang senantiasa melakukan salat lima waktu dengan berjamaah dari siksa kubur jika mati kelak.

3. Menerima buku catatan kehidupan dengan tangan kanan.

Ketika hari akhir tiba, semua manusia akan dibangkitkan dari kematian dan digiring ke padang makhsyar untuk menerima buku catatan kehidupan dari Allah. Manusia yang catatan amal perbuatannya baik akan menerima buku dengan tangan tangan, sedangkan yang amal perbatan di dunianya jelek, akan merima buku dengan tangan kiri.

Allah telah berjanji kepada orang-orang yang senantiasa melakukan salat lima waktu dengan berjamaah, akan menerima buku catatan dengan tangan kanan.

4. Melintasi siratalmustakim dengan cepat seperti kilat yang menyambar.

Allah juga berjanji akan memberikan fadilah kepada orang-orang yang senantiasa salat berjamaah berupa melintasi jembatan mustakim kalbarqilkhatifiseperti kilat yang menyambar

5. Masuk surga tanpa hisab dan siksa.

Menurut beberapa hadits kelak semua orang Islam akan dimasukkan surga, tetapi ada yang melewati siksa neraka terlebih dahulu. Keutamaan salat berjamah yang kelima ini adalah orang yang senantiasa melakukan salat lima waktu dengan berjamah akan masuk surga Allah tanpa pengadilan dan tanpa siksa. Subhanallah sungguh besar keutamaan salat berjamaah.

(Baca Juga: Alasan Arab Saudi Larang Swafoto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi)

Lebih dasyat lagi, dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa pada hari kiamat nanti Allah akan membagi kaumnya ke dalam tiga golongan.

Golongan pertama adalah golongan orang yang wajahnya bersinar seperti cahaya bintang yang tampak sangat jauh dan sangat kecil berkedip-kedip. Siapakah golongan orang-orang tersebut?

Menurut sabda Nabi Muhammad SAW golongan pertama adalah golongan orang-orang yang ketika mendengar suara azan berkumandang, mereka segera mengambil air wudhu dan tidak disibukkan dengan perkara lain selain berwudlu.

Dengan kata lain orang-orang yang menyegerakan wudhu ketika mengarkan suara azan tanpa disibukkan oleh perkara lain selain wudlu sehingga orang-orang tersebut sudah berada di dalam masjid sebelum iqomah dan sebelum salat dimulai adalah orang-orang yang termasuk ke dalam golongan pertama. wajah golongan ini menyerupai cahaya bintang.

Kedua adalah golongan orang-orang yang wajahnya bersinar seperti cahaya bulan purnama yang terang tapi tidak menyilaukan. Lalu siapakah golongan yang kedua?

Nabi bersabda bahwa golongan kedua yang wajahnya bersinar seperti cahaya bulan purnama adalah golongan orang-orang yang sudah mengambil air wudlu sebelum mendengar suara azan. Jadi, mereka sudah bersiap-siap untuk pergi ke masjid sebelum azan berkumandang.

ketiga adalah golongan orang-orang yang wajahnya bersinar seperti cahaya matahari yang sangat terang benderangan. Golongan yang ketiga ini adalah golongan orang-orang yang mendengarkan azan di dalam masjid.

Artinya, golongan ketiga adalah golongan orang-orang yang sudah mengambil wudhu sebelum azan dikumandangkan. Lalu segera berangkat ke masjidsehingga ketika azan dikumandangkan, orang-orang tersebut sudah berada dalam masjid.

Golongan ini merupakan golangan yang paling utama dibandingkan dengan dua golongan yang telah tersebut di atas. wajah merekalah yang memancarkan cahaya paling terang sehingga diibaratkan cahaya matahari.

(Baca Juga: Keistimewaan Jamaah Haji yang Meninggal di Tanah Suci)

Saking mulianya keutamaan salat berjamaah, Allah pun mengutus para malaikat agar mengangkat dosa orang-orang yang salat berjamaah di masjid. Namun, Allah juga memberi peringatan secara tegas kepada hambanya agar tidak menggunakan masjid sebagai tempat untuk membicarakan masalah-masalah keduniawian.

Allah akan melaknat orang-orang tersebut dengan mendatangkan kelabang yang bernama khuraisy pada hari kiamat nanti. Kelabang khuraisy adalah hewan yang keluar dari neraka Jahanam. Hewan tersebut mempunyai panjang dan besar mulai dari ujung timur sampai barat. Masjid adalah rumah Allah maka jangan menyembah selain Allah.

Beberapa hadits yang sudah dikemukakan di atas membuktikan keutamaan salat berjamaah. Semoga penjelasan tersebut dapat menjadikan kita sebagai orang-orang yang istiqomah berjamaah. Walaupun tuntutan kerja menumpuk, kita bisa menghentikan sejenak demi melaksanakan salat berjamaah. Amin ya rabbal alamin.

Oleh: Aliyatul Muhasshonah

(Pengajar Ponpes Roudlotun Nasyiin Beratkulon, Mojokerto)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini