nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu dengan Pemikiran Terbuka Cenderung Punya Anak Lebih Kreatif

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 196 1826371 ibu-dengan-pemikiran-terbuka-cenderung-punya-anak-lebih-kreatif-5FtZbVPmEU.jpg Ibu dengan pemikiran terbuka (Foto:Independent)

SETIAP orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan anak mereka. Akan tetapi, ada hal lain yang harus diperhatikan oleh orangtua yaitu memberi kebebasan anak mereka untuk bertindak sesuai keinginan. Tak sedikit orangtua yang melarang anak mereka untuk melakukan kegiatan yang disukainya. Hal ini tentu berdampak negatif terhadap perkembangan anak.

Baru-baru ini peneliti dari sebuah universitas di Polandia mengungkapkan ibu yang memiliki sifat terbuka pada anaknya lebih cenderung menumbuhkan lingkungan kreatif bagi anak-anak mereka. Kemampuan dan karakteristik tiap anak tentu berbeda-beda. Namun kreativitas dapat membantu mereka meraih pencapaian yang lebih dibandingkan anak lain dari segi apapun.

 BACA JUGA:

Di Kota Ini, Calon Pengantin Diwajibkan Tanam Pohon Demi Bumi Terbebas dari Global Warming

"Temuan kami menunjukkan sikap keterbukaan seorang ibu terhadap suatu pengalaman merupakan prediktor positif utama untuk membentuk iklim kreativitas dalam hubungannya dengan anak," tulis para peneliti seperti yang dikutip dari Independent. Penelitian yang dipimpin oleh Joanna Martin Kwaśniewska itu berusaha menyelidiki korelasi antara sifat kepribadian ibu dengan pengaruh usaha kreatif anak.

Peneliti menganalisis kepribadian lebih dari 3.000 ibu dari seluruh Polandia menggunakan model Big Five Trait. Alasan peneliti hanya menganalisis ibu adalah ibu cenderung menjadi pengasuh utama dalam keluarga. Setelah dianalisis, para ibu diminta mengisi kuisioner guna memberi nilai pada lingkungan tempat mereka membesarkan anak dan bagaimana pengaruh lingkungan terhadap kemauan mengejar usaha kreatif.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ibu yang menunjukkan keterbukaan mampu menumbuhkan kondisi paling kreatif untuk anak mereka. Tapi ternyata bukan hanya keterbukaan saja yang dibutuhkan untuk mendorong kreativitas. Ada karakteristik lain yaitu ekstraversi, stabilitas emosional dan kesesuaian.

BACA JUGA:

Aturan Penggunaan Baby Car Seat yang Harus Diketahui Orangtua

Ibu yang ekstrovert, emosional, dan menyenangkan dapat memotivasi anak menjadi lebih inovatif dan belajar dari kesalahan mereka. Berdasarkan hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak yang mengilhami cara berpikir kreatif dan out of the box merupakan turunan dari kombinasi empat tindakan ibu mereka. Sebab ibu yang memiliki keempat sifat di atas akan mendorong anak untuk mencoba hal baru dan berbeda, mengajari mereka untuk tidak menyesuaikan diri dengan norma, mengajari mereka cara bertahan, serta memberi mereka kebebasan berkhayal.

Hal lain yang dapat diambil dari penelitian ini adalah orangtua sebaiknya dapat memainkan peran yang besar untuk membantu anak mencapai potensinya. Sebab semua anak memiliki kemampuan untuk mendorong diri lebih kreatif. Hanya saja lingkungan sangat memengaruhi hal tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini