Image

Tips Memasak Makanan Bali ala Chef Mandif Warokka, Hindari Pakai Tomat!

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 19:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 298 1826283 tips-memasak-makanan-bali-ala-chef-mandif-warokka-hindari-pakai-tomat-Mdhy3L8sfu.jpg Masakan Bali (Foto: Tiara)

LIBURAN ke luar daerah menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi kebanyakan daerah. Selain mengunjungi objek wisata yang tengah populer maupun belum diketahui orang banyak, berburu makanan khas menjadi aktivitas yang tidak boleh dillewatkan. Ya, wisata kuliner memang terkadang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kenikmatan makanan khas daerah terkadang membuat seseorang merasa rindu untuk menyantapnya kembali. Untuk menyalurkan rasa rindu itu, tak jarang orang memilih kembali ke daerah tersebut atau mencari rumah makan yang menyediakan makanan khas tersebut. Tapi apabila tidak memungkinkan untuk kembali berkunjung atau tidak ada yang menjual makanannya, pilihan terakhir adalah memasaknya sendiri di rumah.

Pilihan terakhir itu memang susah-susah gampang. Pasalnya meniru masakan orang lain bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk orang yang tidak terbiasa memasak. Alih-alih menyalurkan rasa rindu, bisa jadi selera makan malah hilang karena cita rasa masakan yang tidak sesuai ekspetasi. Maka dari itu, banyak orang yang memilih mencari tips sebelum memasak makanan tertentu.

Bagi Anda penggemar masakan khas Bali dan ingin mencoba memasaknya, salah seorang chef ternama, Mandif Warokka membagikan tips yang bisa diikuti. Chef yang menguasai masakan Nusantara khususnya dari daerah Bali itu mengungkapkan ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum memasak makanan dari Pulau Dewata.

“Untuk memasak makanan Bali itu pertama tumbuk dulu semua bumbunya. Setelah ditumbuk baru mulai memasak. Uniknya bumbu masakan Bali itu bisa untuk semua makanan. Lalu yang penting itu harus sabar. Masak makanan Bali tidak bisa buru-buru. Terakhir, jangan pakai tomat,” tutur Chef Mandif saat ditemui Okezone dalam sebuah acara, Selasa, 5 Desember 2017.

Bumbu khas yang seringkali digunakan masyarakat Bali untuk memasak adalah basa genep. Bumbu itu terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe, dan kencur. “Ibu dari bumbu masakan Bali itu lengkuas. Jadi tidak boleh ketinggalan,” tambah Chef Mandif.

Berbicara mengenai kesabaran dalam memasak, luangkan waktu selama beberapa jam agar mendapatkan cita rasa yang pas di lidah. Menurut Chef Mandif, memasak makanan khas seperti ayam atau bebek betutu sebenarnya membutuhkan waktu 5-8 jam. Sebab daging akan dioven dalam suhu rendah sehingga tidak bisa cepat. Tujuannya adalah agar bumbu meresap hingga ke tulang.

Terakhir, diungkapkan Chef Mandif makanan Bali sesungguhnya itu tidak menggunakan tomat. Ya, bila diperhatikan, makanan khas Bali bercita rasa pedas. Bahkan ada satu jenis sambal yang terkenal dari sana yaitu sambal matah.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini