nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebun Raya Cibodas Kembali Dibuka untuk Umum

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 02:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 406 1825795 kebun-raya-cibodas-kembali-dibuka-untuk-umum-yGe2wTdQV0.jpg

CIANJUR - Wisatawan lokal dan mancanegara mulai memadati Kebun Raya Cibodas di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, yang sempat tutup sejak beberapa hari terakhir karena cuaca ekstrem yang melanda kawasan tersebut.

Kepala seksi pelayanan dan informasi LIPI Kebun Raya Cibodas, Solehudin pada wartawan, mengatakan, penutupan dilakukan selama tiga hari terakhir, membuat kawasan kebun raya tertutup dari aktifitas dan kujungan.

"Sebelum dibuka kembali, kami terlebih dahulu mengadakan rapat management setelah rapat dilanjutkan dengan bersih-bersih dibantu sama warga sekitar dan pedagang yang ada dilingkungan kebun raya," katanya, Selasa (5/11/2017).

Pihak LIPI sebelumnya memberitahukan pada warga dan umum perihal penutupan dan dibuka kembali, namun tergantung cuaca demi keamanan dan kenyamanan warga dan wisatawan yang datang berkunjung.

Meskipun kebun raya telah dibuka sejak hari ini, tambah dia, namun jalur menuju air terjun Ciismun masih tertutup karena cuaca yang masih tidak menentu karena area air terjun masih terbilang rawan pergerakan tanah.

"Curug Ciismun masih tertutup karena di atas curug tersebut terdapat tanah yang berbentuk tapal kuda dan di atasnya ada aliran air yang bocor ke tanah, sehingga masih sangat berbahaya untuk dikunjungi," katanya.

Pihak LIPI sudah memberikan papan pengumuman dan memasang garis polisi di area curug.

"Kita belum tahu sampai kapan penutupan akan dilakukan karena cuaca masih ekstrem, meskipun wisatawan asal Timur Tengah menyukai lokasi air terjun," katanya.

Selain Curug Ciismun, Kebun Raya Cibodas juga memiliki Taman Bunga Sakura. Sebanyak 200 jenis pohon sakura bisa ditemukan di sini. Sangat cantik dan memukau apalagi disandingkan dengan pohon pinus dan pohon tua. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah ketika bulan Januari - Februari, dan Juli - Agustus. Bunga akan bermekaran sangat indah.

Panorama sekitar gunung Pangrango pun dapat disaksikan ketika berkunjung. Selain itu juga ada banyak atraksi wisata lainnya yang menggoda di Kebun Raya Cobodas, misalnya danau, rerumputan hijau hingga rumah kaca.

(ful)

Berita Terkait

Puncak

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini