Image

Menjelajah Titik Paling Barat Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 10:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 06 406 1826307 menjelajah-titik-paling-barat-indonesia-fpCeeq873c.jpg Tugu 0 Kilometer di Sabang, Aceh (Foto: Tiara Putri/ Okezone)

BERKUNJUNG ke kota Sabang rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke Tugu Kilometer 0 Indonesia. Tugu itu terletak di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya. Butuh waktu sekira satu jam untuk mencapai tempat ini dari pusat kota menggunakan kendaraan pribadi.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan Pulau Weh yang mengagumkan. Mulai dari hijaunya pepohonan hingga birunya lautan yang mengelilingi pulau. Selain itu, jalan yang menanjak dan menurun membuat perjalanan tidak terasa lama. Mendekati tempat tujuan, jangan kaget jika melihat monyet di pinggir jalan. Ya, hewan itu memang masih berkeliaran dengan bebas.

(Foto: Tiara/ Okezone)

Sesampainya di kawasan Tugu Kilometer 0 Indonesia, wisatawan masih harus berjalan kaki kira-kira 200 meter. Begitu tiba di tugu, kebanyakan wisatawan pasti akan langsung berfoto dengan latar belakang tugu atau di tulisan Kilometer 0. Ada juga yang mengambil foto dengan latar belakang pemandangan laut.

Berkat gelaran Sail Sabang 2017, tugu tersebut telah direnovasi sehingga terlihat lebih menarik. Selain itu, wisatawan bisa naik ke bagian atas tugu untuk melihat lebih jelas pemandangan laut di sekitarnya. Dijamin wisatawan akan terhipnotis dengan pemandangan yang ada.

Baca Juga:

(Foto: Tiara/ Okezone)

Puas berfoto dan melihat pemandangan, wisatawan dapat mampir ke warung-warung kecil yang berada di sekitar tugu. Di sana dijual cemilan khas seperti pisang goreng, tempe isi, dan rujak. Satu hal yang membedakan rujak Sabang dengan rujak pada umumnya adalah adanya buah rumbia. Buah tersebut merupakan buah khas Aceh. Saat bersantai di warung, wisatawan bisa juga melihat dari dekat monyet-monyet yang bergelantungan di ranting pohon. Selain makanan, ada pula souvenir yang bisa dibeli untuk dijadikan oleh-oleh.

(Foto: Tiara/ Okezone)

Sekadar informasi, dahulu masih sedikit orang yang datang ke Sabang dan mampir ke tugu tersebut. Konon, jika ada wisatawan yang datang ke sana akan diberi sertifikat kunjungan karena berhasil mencapai titik paling barat Indonesia. Namun sayang, saat Okezone berkunjung ke Tugu Kilometer 0 Indonesia baru-baru ini, beberapa orang mengatakan bahwa sertifikat tersebut sudah tidak ada lagi. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya titik paling barat tersebut bukan berada di Pulau Weh, melainkan di Pulau Rondo. (tam)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini