nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sarapan Minum Jus Buah Kemasan Tingkatkan Risiko Diabetes

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017 04:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 06 481 1826055 sarapan-minum-jus-buah-kemasan-tingkatkan-risiko-diabetes-6QAQO2DvP7.jpg Jus buah (Foto: Boldsky)

BUAH-buahan kaya akan serat yang pantas dimakan oleh siapa saja. Tapi saat sarapan pagi harap diperhatikan, hindari minum jus buah kemasan karena bisa meningkatkan diabetes tipe 2. Waduh!

Setiap orang minum jus buah pasti ditambahkan dengan gula dan susu kental manis. Alih-alih banyak yang memilih jus buah kemasan yang praktis. Jika Anda meminumnya selalu di pagi hari, ada dampak bahaya yang mengintai.

Para ilmuwan menunjukkan, seseorang yang minum jus buah dalam waktu sering di pagi hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Jus buah tersebut tidak mengandung serat dan mengandung gula tinggi.

Ilmuwan menyebutkan, asupan jus buah secara positif terkait dengan kejadian diabetes tipe 2. Kandungan gula yang tinggi berkontribusi menyebabkan penyakit tersebut. Siapa saja bisa mengalami penyakit ini jika tak mengendalikan diri.

Di sisi lain, mengonsumsi buah utuh dan sayuran berdaun hijau selalu menjadi pilihan terbaik. Ini membantu dalam mengurangi risiko pengembangan penyakit diabetes. Karena buah segar mengandung kepadatan energi rendah, kaya akan serat dan zat gizi mikro.

Sementara dalam jus kemasan, serat dari buah akan dibuang saat sedang diproduksi. Tentunya Anda tidak mendapatkan serat utuh yang baik manfaatnya.

"Kami tahu bahwa terlalu banyak asupan gula kami berasal dari jus dan smoothies, jadi masuk akal untuk menguranginya," ujar Peneliti dikutip Boldsky, Kamis (7/12/2017).

Baca Juga:

Sementara itu, mayoritas orang gagal memahami tanda awal diabetes tipe 2. Tanda awalnya, jika Anda merasa sangat haus, kelelahan, tubuh mendadak kurus tanpa sebab, hingga penglihatan kabur maka Anda perlu curiga dengan gejala penyakit tersebut.

Salah satu bagian terburuk tentang diabetes yakni tidak ada obat untuk penyakit ini. Dengan mencegah gejala menjadi satu-satunya jalan keluar untuk mengendalikan penyakit agar tidak bertambah parah.

Untuk pencegahan, Anda harus melakukan perubahan gaya hidup. Caranya dengan menurunkan berat badan, olahraga teratur dan menerapkan diet seimbang yang sehat. Itu a langkah utama untuk mengendalikan diabetes tipe 2 yang wajib dilakukan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini