Image

Moms, Simak Panduan Mengajarkan Tata Krama sesuai Usia Perkembangan Anak

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 18:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 196 1826871 moms-simak-panduan-mengajarkan-tata-krama-sesuai-usia-perkembangan-anak-aiCQwONjbZ.jpg Mengajarkan tata krama pada anak (Foto:Ist)

MENGAJARKAN tata krama atau sopan santun kepada anak merupakan hal wajib bagi semua orangtua. Hal tersebut menjadi penentu sifat anak jika kelak sudah besar. Dengan mendidik tata krama pada anak, itu berarti orangtua sudah membentuk karakter yang baik bagi anak.

Dilansir dari Mirror, Kamis (7/12/2017), seorang ahli perilaku pengasuhan anak, Elizabeth O’shea, memaparkan cara mengajarkan tata krama pada anak sejak usia dini. Ajaran tersebut diterapkan pada usia yang berbeda dalam perkembangan anak.

BACA JUGA:

Kristen Bell Sungguh Jadi Orangtua Seutuhnya! Ini Bukti Foto-fotonya

0—5 tahun

- Latih mereka untuk selalu merespon perkataan Anda.

- Mainkan permainan ingatan, seperti “Jika Mrs Smith mengatakan ‘Halo Charlie’, maka Charlie harus mengatakan ‘Halo, Mrs Smith’ kembali.” Kemudian Anda berpura-pura menjadi Mrs Smith dan lihat apakah sang anak bisa melakukan apa yang harus dikatakan.

- Latih mereka untuk saling berbagi kepada sesama. Misalkan Anda menyuruhnya untuk meminjamkan permainannya kepada teman sebayanya.

- Latih mereka agar senantiasa berkata “tolong” saat ia membutuhkan pertolongan, “maaf” saat ia melakukan kesalahan, dan “terima kasih” saat ia telah diberi bantuan.

6—10 tahun

- Dimulai dari Anda yang harus bisa mencontohkan tata krama yang baik, sebab anak usia 6—10 tahun kerap meniru tingkah orangtuanya.

- Doronglah sikap sosial kepada anak, seperti membiarkan mereka membayar barangnya sendiri di toko. Hal tersebut akan mengajarkan mereka cara menyapa petugas dan mengucapkan terima kasih saat menunggu kembalian.

- Rajin melakukan makan malam bersama keluarga. Dari situlah anak-anak belajar cara berbicara, berprilaku di meja makan, serta mengajarkannya cara membersihkan diri. Dengan begitu, sang anak akan berprilaku baik jika sedang makan di restoran.

BACA JUGA:

Bocah 11 Tahun Pembakar Mayat Jadi Viral

11—16 tahun

- Mulai ajarkan kepada anak cara menghadapi situasi yang sulit.

- Perlakukan anak Anda sesuai Anda ingin diperlakukan. Usia ini juga masih meniru tingkah laku orangtuanya. Jika Anda bersumpah, mereka juga akan melakukannya. Jika Anda berteriak, mereka juga akan melakukannya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini