Image

Menikmati Gurihnya Rahang Tuna Bakar khas Manado, Sedap!

Subhan Sabu, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 13:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 298 1826645 menikmati-gurihnya-rahang-tuna-bakar-khas-manado-sedap-YIaODViOgD.jpg Rahang tuna bakar khas Manado (Foto: Subhan Sabu)

TUNA merupakan ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Nutrisi yang terkandung di dalamnya jelas bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

Bahkan, asam lemak omega-3 bisa menurunkan trigliserida, kolesterol jahat dalam darah, dan risiko penyakit jantung. Selain itu, omega 3-nya juga mampu mengurangi pembentukan endapan di dinding pembuluh darah serta menurunkan inflamasi di seluruh tubuh.

Di pabrik pengolahan ikan tuna, kepala ikan tuna tidak terpakai. Kepala ikan tuna yang tidak dianggap dan biasanya hanya dibuang, inilah yang dimanfaatkan oleh pengusaha rumah makan di Manado. Kepala ikan tuna yang dibuang tersebut menjadi menu andalan dan primadona saat ini, yakni rahang ikan tuna.

"Kita ambil rahangnya dan kita coba olah untuk dibakar dan biasanya kita buat woku dan ternyata laris dipasaran," ujar Frangky Wangko, salah satu pengusaha rumah makan di kawasan Marina Plaza, Kamis (7/12/2017).

Cara pengolahan rahang ikan tuna bakar sendiri cukup unik, di mana proses pembakarannya sendiri tidak menggunakan arang tempurung melainkan memakai kulit pala.

"Kalau kita bakar rahang tuna itu pakai kulit pala, ikannya itu jadi wangi dan bau amisnya hilang, jadi lebih wangi dengan bau pala," jelas Franky

Selain rahang tuna sendiri, di rumah makan milik Frangky ini juga menyediakan menu lainnya, namun rahang tuna yang paling sering dicari orang sehingga untuk rahang tuna saja menurut Frangky omzetnya sangat luar biasa.

"Rasanya enak, gurih dan banyak dagingnya," ujar Jufry, penikmat rahang tuna asal Minahasa.

Baca Juga:

Untuk satu paket rahang ikan tuna dijual dengan dua pilihan harga, ada yang paket Rp35 ribu untuk rahang tuna ukuran sedang dan paket Rp45 ribu untuk rahang tuna besar, satu paket terdiri dari nasi, rahang ikan tuna, sayur kangkung dan dua macam sambal atau dabu-dabu, dabu-dabu rica dan dabu-dabu lemon.

Rahang tuna kini jadi kuliner favorit di Manado dan banyak dicari orang. Rumah makan penyedia rahang ikan tuna sendiri bisa ditemui di kawasan Marina Plaza, di tempat ini berjejer rapi puluhan rumah makan penyedia menu rahang ikan tuna yang tidak pernah sepi pengunjung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini