Image

3 Hal Penting Harus Anda Ketahui Sebelum Pesan Kopi di Coffee Shop

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 298 1826878 3-hal-penting-harus-anda-ketahui-sebelum-pesan-kopi-di-coffee-shop-edjWIh2OMu.jpg Tips pesan kopi di Coffee shop (Foto:Goodwp)

SEBERAPA sering Anda membeli kopi di gerai-gerai kopi lokal saat hendak berangkat ke tempat kerja? Sebagian besar orang mungkin melakukan hal tersebut secara rutin. Namun pernahkah Anda berpikir, apa yang ada di pikiran para barista ketika meracik pesanan Anda?

Dilansir dari Mashed,  ternyata ada beberapa hal penting yang mereka harap Anda ketahui sebelum memesan kopi. Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:

Menikmati Gurihnya Rahang Tuna Bakar khas Manado, Sedap!

Jangan pesan caramel macchiato selain di Starbucks

Caramel macchiato merupakan menu signature atau resep andalan yang dimiliki oleh Starbucks. Minuman ini memang cukup populer di kalangan pencinta kopi di seluruh dunia karena menyuguhkan cita rasa yang unik. Oleh karena itu, ketika Anda mengunjungi gerai kopi selain Starbucks, jangan pernah memesan caramel macchiato kepada barista.

Analise Lasky, kepala Barista di Spill the Beans mengatakan, “Para pengunjung seharusnya tahu bahwa caramel macchiato itu sebetulnya adalah olahan latte biasa. Jika mereka bersikeras memesan menu ini, jangan kaget bila barista menyuguhkan secangkir kecil espresso dengan sedikit foam di atasnya.”

Membuat latte art membutuhkan waktu

Saat ini sebagian besar racikan kopi selalu dihiasi oleh latte art yang cantik dan unik. Tren latte art sendiri memberi kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan konsumsi kopi di seluruh dunia. Bagaimana tidak, sebagian besar orang cenderung meluangkan waktu mereka untuk mengambil beberapa foto cangkir kopi mereka, lalu mengunggahnya ke media sosial.

Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum meminta barista untuk membuatkan secangkir kopi dengan latte art yang sempurna. “Seperti lukisan, untuk membuat latte art yang cantik barista membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama karena susu harus di-steam terlebih dahulu. Mereka juga harus berlatih berjam-jam untuk mendapatkan hasil yang sempurna,” tutur Allison Burkard, District Manager Caffe Umbria.

Espresso yang sempurna tidak mudah dibuat

Jika barista langganan Anda sudah terbiasa membuat espresso, hasil racikannya mungkin terasa pas di lidah. Tapi jangan salah, untuk membuat secangkir espresso yang sempurna ternyata tidak semudah yang terlihat.

BACA JUGA:

Ikuti Pola Makan Seperti Nabi Muhammad SAW, Jean Van Damme: Tidak Makan Babi Itu Sehat!

Burkard mengatakan, “Membuat espresso shot itu tidak mudah. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi rasanya. Salah satunya biji kopi tidak boleh digiling terlalu halus atau terlalu kasar, karena akan mempengaruhi aliran air ketika espresso diracik. Jika terlalu halus, air akan mengalir secara perlahan dan menghasilkan body yang tebal dan kopi pun akan terasa pahit. Jika menggiling terlalu kasar, air akan mengalir terlalu cepat rasanya juga tidak akan enak.”

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini