Image

Ambang Batas Aman Menyimpan Sisa Masakan Rumahan di Kulkas

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 07:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 298 1826975 ambang-batas-aman-menyimpan-sisa-masakan-rumahan-di-kulkas-IdcoDHJec4.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)

TIDAK bisa dipungkiri kebanyakan orang memang merasa sayang jika harus membuang sisa makanan yang dimasak sendiri di rumah. Biasanya dikarenakan alasan takut mubazir.

Akhirnya anggapan tersebut menimbulkan kebiasaan menyimpan sisa masakan rumahan untuk dimasukkan ke dalam lemari pendingin alias kulkas. Ini dilakukan dengan pemikiran atau niat akan bisa dimakan kembali sebagai menu makan esok hari. Padahal nyatanya, kerap kali keesokan harinya banyak orang yang lupa memiliki cadangan simpanan makanan sisa di rumah dan begitu seterusnya.

Kebanyakan orang awam pun menganggap bahwa sisa masakan yang dibuat sendiri di rumah atau masakan rumahan ini akan aman-aman saja selama disimpan di dalam kulkas. Padahal, kita harus tahu bahwa simpanan makanan sisa ini pada satu titik akan mulai terkuras dan perlahan akan kehilangan kandungan nutrisi pentingnya.

Terutaman makanan segar, yang ketika disimpan dalam periode waktu tidak menentu disebutkan dapat terkontaminasi dan menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut hingga keracunan makanan. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang ialah, berapa lamakah ambang batas aman sisa masakan rumahan yang disimpan di kulkas untuk tetap dikonsumsi?

Sebagaimana dikutip Ndtv, Jumat (8/12/2017) menurut Dr. Rupali Datta, sebagai Consultant Nutritionist menyebutkan banyak faktor yang memengaruhi batas ambang aman sisa masakan rumahan di kulkas untuk dimakan. Mulai dari cara memasak, makanan apa yang disimpan, dan cara yang digunakan dalam penyimpanan.

"Jenis masakan apa yang disimpan, bagaimana cara kita menyimpan sisa makanan tersebut, dan jangka waktu berapa lama penyimpanan, memengaruhi kapasitas makanan itu. Jika makanan telah dimasak dengan cara yang benar lalu ditutup dan didinginkan maka bisa disimpan dari 24 hingga 48 jam kemudian," jelas Dr. Rupali Datta.

Baca Juga:

Dr. Rupali Datta menambahkan, jika sisa makanan rumah ini hendak disimpan untuk lebih dari satu sampai dua hari, lebih baik jika makanan itu dibekukan. Sedangkan untuk jenis hidangan sayuran yang dimasak ataupun hidangan kari, pastikan tidak terkontaminasi sebelum disimpan di dalam lemari pendingin.

Pada dasarnya, disebutkan lebih lanjut bahwa menyimpan sisa masakan dalam kurun waktu dua jam setelah dihidangkan maka sisa makanan itu sah-sah saja untuk disimpan di dalam kulkas selama tiga hingga empat hari. Namun, tetap harus menjadi catatan penting, bahwa mengonsumsi makanan sisa yang telah disimpan lebih dari 3-4 hari atau waktu yang direkomendasikan akan berpeluang lebih besar menimbulkan kemungkinan penyakit yang ditularkan melalui makanan. (tam)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini