Image

5 Kuliner Tradisional Yerusalem yang Menarik untuk Dicicipi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 10:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 298 1827036 5-kuliner-tradisional-yerusalem-yang-menarik-untuk-dicicipi-pisLSvbmAy.jpg Shawarma makanan khas Yerusalem (Foto: Foodfolksandfun)

MENDENGAR kata Yerusalem mungkin di pikiran Anda akan terbesit sebuah kota suci yang terletak di kawasan Timur Tengah. Tidak hanya itu, berdasarkan fakta sejarah, Yerusalem termasuk salah satu kota tertua di dunia yang memiliki beragam kebudayaan. Kota ini juga dihuni oleh penduduk dari berbagai latar belakang agama seperti Kristen, Muslim, dan Yahudi.

Dibalik fakta tersebut, tidak banyak yang tahu bahwa Yerusalem memiliki segudang kuliner tradisional yang tidak kalah lezatnya dengan makanan kekinian. Beberapa di antaranya bahkan telah ada sejak masa Kerajaan Ottoman. Nah, jika dalam waktu dekat ini Anda tertarik untuk berwisata rohani ke Yerusalem, berikut Okezone rangkumkan 5 kuliner tradisional yang wajib Anda cicipi, sebagaimana dilansir dari Food Folks and Fun, Jumat (8/12/2017).

Baklava

Baklava adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari Turki dan daerah-daerah bekas kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang lalu diberi pemanis seperti gula atau madu, kemudian dibungkus adonan roti tipis. Berbicara soal Baklava, hidangan tersebut ternyata sangat populer di Yerusalem. Bahkan ada salah satu toko roti yang diklaim menyuguhkan olahan baklava terbaik yakni, Harova Hanotzri 54. Menurut penduduk lokal, rahasia kelezatan baklava milik Harova dikarenakan mereka masih menggunakan resep tradisional yang diwariskan turun temurun. Hebatnya lagi, toko roti ini ternyata telah beroperasi selama kurang lebih 3 abad.

Hummus

Liburan ke Yerusalem belum lengkap rasanya jika belum mencicipi Hummus. Hidangan ini terbuat dari kacang Arab yang telah dihaluskan, lalu dicampur dengan wijen giling, minyak zaitun, sari limau, garam, dan bawang putih. Sekilas, tampilan Hummus terlihat seperti pure atau bubur yang menyuguhkan cita rasa gurih nan khas. Anda bisa menjumpai hidangan ini di setiap penjuru kota Yerusalem.

Jerusalem Bagels

Tidak seperti olahan bagel pada umumnya, bagel khas Yerusalem biasanya ditaburi biji wijen pada bagian toppingnya. Proses pengolahannya pun cenderung berbeda. Jika olahan bagel di Amerika harus melalui proses perebusan terlebih dahulu, bagel Yerusalem justru langsung dipanggang hingga matang. Buat para pencinta pastry, kudapan ini wajib masuk dalam bucket list Anda.

Shawarma

Hidangan yang satu ini tampaknya sangat pas bagi Anda yang sangat menyukai olahan sandwich. Keistimewaan Shawarma sendiri terletak pada isiannya yang terdiri dari campuran daging domba, ayam, sapi, dan kerbau. Tidak hanya itu, sebelum disajikan hidangan tersebut akan ditaburi potongan tomat, tabbouleh, fattoush, mentimun, tahini, hummus, acar lobak, dan amba. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Anda akan merasakan perpaduan sensasi gurih dan segar yang bisa bikin lidah bergoyang.

Israeli Salad

Ingin mencicipi hidangan sehat ala Yerusalem? Israeli Salad bisa menjadi pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri dari potongan tomat, mentimun, bawang, paprika, yang dicampurkan dengan minyak zaitun, jus lemon, dan rempah-rempah khas Yerusalem. Israeli Salad biasanya disantap pada saat musim panas karena dipercaya dapat menghasilkan sensasi sejuk ketika menyantapnya. (tam)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini