Image

6 Makanan Pencegah Sakit Jantung Koroner, Sudah Mengonsumsinya Hari Ini?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 10:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 481 1826548 6-makanan-pencegah-sakit-jantung-koroner-sudah-mengonsumsinya-hari-ini-ldavqcKTkO.jpg Konsumsi keju bantu kurangi risiko penyakit jantung koroner (Foto: Boldsky)

PENDERITA jantung koroner kian lama jumlahnya meningkat. Karenanya, Anda butuh mencegah sejak dini, salah satunya bisa dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Jantung koroner bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan bila seseorang telah mengalaminya. Bahkan, penyakit ini pun diwariskan kepada anggota keluarga, terutama orangtua dan anak.

Penyakit ini dapat menimbulkan angka kematian yang tinggi. Tak ayal, banyak orang yang takut terancam.

Karena itu, perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi saat ingin menjaga diri dari Ancaman jantung koroner. Simak ulasannya berikut ini dilansir Boldsky, Kamis (7/12/2017).

Keju

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menyatakan, seseorang yang rajin makan keju dapat mengurangi kesempatan seseorang terkena penyakit jantung koroner sebesar 14% atau menurunkan risiko stroke sebesar 10%. Keju banyak mengandung lemak baik yang tak menyebabkan pemblokiran beberapa lemak jenuh di bagian arteri. Sehingga darah lancar mengalir tanpa ada hambatan sedikit saja.

Dark chocolate

Makan dark chocolate yang mengandung flavonoid yang disebut polifenol, juga membantu mengatur aliran darah, mencegah pembekuan darah dan tekanan darah tinggi. Namun, pilih coklat murni karena efeknya lebih baik bagi tubuh. Coklat tersebut tak mengandung lemak, sehingga mencegah kenaikan berat badan.

Kacang

Kacang-kacangan kaya kandungan serat, vitamin E dan omega-3 lemak atau yang dikenal sebagai lemak baik. Almond dan kenari adalah dua kacang yang paling dikenal yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko masalah jantung. Konsumsilah secara teratur agar mendapatkan manfaatnya.

Minyak zaitun

Mengurangi penggunaan minyak sangat penting karena ini bisa terbukti berbahaya bagi kesehatan Anda. Namun, menggunakan minyak zaitun dianggap jauh lebih aman karena mengandung lemak baik. Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik, dalam mengurangi kadar kolesterol dan kadar gula darah.

Baca Juga:

Teh hijau

Teh hijau dikenal dengan sifat antioksidannya yang disebut katekin. Fungsinya membantu membakar lemak dan kolesterol yang mungkin mempengaruhi jantung. Minum sekira 2-3 cangkir teh hijau secara teratur membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Brokoli

Bila menyangkut kesehatan jantung Anda, Anda tidak bisa melewatkan sayuran. Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling dikenal baik untuk jantung Anda. Karena kaya akan serat, vitamin dan mineral penting, serta mengandung karotenoid tinggi. Perannya sebagai antioksidan yang membantu menghilangkan senyawa berbahaya dari tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini