Image

6 Perbedaan Tanda-Tanda Menstruasi dengan Hamil Muda

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 11:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 481 1826572 6-perbedaan-tanda-tanda-menstruasi-dengan-hamil-muda-13WVKQIlDw.jpg Ilustrasi (Foto: Eastidahonews)

ADA dua hal yang bisa dialami oleh perempuan tapi tidak oleh laki-laki. Kedua hal itu adalah menstruasi dan kehamilan. Normalnya perempuan mengalami menstruasi setiap bulan karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Tetapi apabila sel telur dibuahi oleh sperma, maka akan terjadi kehamilan.

Uniknya, perempuan dapat memprediksi apa yang bakal terjadi pada tubuhnya lewat sejumlah tanda. Contoh, bila terjadi kram perut dan peningkatan nafsu makan secara tiba-tiba, bisa jadi dirinya akan segera mengalami menstruasi. Sementara itu, bila seorang perempuan sering mual di pagi hari dan merasa lelah, bisa jadi dirinya sedang hamil muda.

Akan tetapi, tidak semua tanda akurat. Alasannya adalah terdapat keterkaitan antara menstruasi dengan kehamilan, sehingga bisa jadi tanda yang dirasakan oleh tubuh menunjukkan hal berbeda. Melansir Healthline, Kamis (6/12/2017), berikut cara membedakan tanda menjelang menstruasi dengan kehamilan;

Nyeri payudara

Menstruasi biasanya diawali dengan PMS. Baik PMS maupun kehamilan sama-sama menunjukkan tanda nyeri payudara. Pada PMS, nyeri yang terjadi berada pada tingkat ringan hingga parah. Nyeri itu akan berkurang bila menstruasi terjadi. Di sisi lain nyeri payudara sering terjadi di awal kehamilan. Payudara akan terasa sakit, sensitif, lembut saat disentuh, dan lebih berat. Kelembutan dan pembengkakan biasanya terjadi selama 1-2 atau minggu atau berlangsung lebih lama karena jumlah hormon progesteron meningkat.

Pendarahan

Keluarnya darah dari miss V bukan hanya terjadi pada menstruasi. Hal yang sama bisa terjadi di masa awal kehamilan. Bedanya ada pada waktu. Pendarahan karena menstruasi biasanya terjadi dalam kurun waktu seminggu. Sedangkan pada awal kehamilan pendarahan atau keluar bercak lazimnya terjadi 10-14 hari. Jumlah darah yang keluar pun lebih banyak sehingga harus lebih sering berganti pembalut.

Perubahan suasana hati

Selama masa PMS atau menstruasi, perempuan cenderung mudah tersinggung dan lebih mudah marah. Tapi hal itu biasanya hanya berlangsung ketika PMS atau menstruasi. Sedangkan perubahan suasana hati pada perempuan yang sedang hamil muda bisa bertahan hingga dirinya melahirkan.

Kelelahan

Pada beberapa perempuan, jika dirinya sedang mengalami PMS pasti akan cepat lelah sehingga lebih mudah tidur. Normalnya kebiasaan ini hilang saat menstruasi terjadi. Sedangkan pada perempuan hamil, kelelahan biasa terjadi di trimester pertama. Hal itu lantaran peningkatan jumlah hormon progesteron. Namun tidak menutup kemungkinan hal itu berlangsung lebih lama.

Baca Juga:

Ngidam

Saat PMS, nafsu makan perempuan biasanya akan meningkat dan ia ingin melahap apa saja yang terlihat oleh mata maupun yang terlintas di pikirannya. Bedanya dengan ngidam saat hamil, perempuan biasanya lebih spesifik menginginkan makanan tertentu. Tidak melahap apapun yang ditawarkan padanya. Selain itu, perempuan hamil bisa tiba-tiba tidak menyukai suatu makanan sehingga saat ditawarkan ia menolaknya.

Kram

Nyeri perut atau kram pada menstruasi biasanya terjadi selama 24 sampai 48 jam sebelum menstruasi Anda. Rasa sakit akan berangsur menghilang dalam kurun waktu menstruasi. Sedangkan pada perempuan hamil, kram perut ringan biasa terjadi di trimester pertama atau bahkan berminggu-minggu. Rasa nyeri pun bukan hanya terdapat di perut bagian bawah, melainkan juga di punggung bagian bawah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini