Image

Ubanan Sebelum 40 Tahun Waspadai sebagai Gejala Penyakit Jantung!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 12:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 481 1826595 ubanan-sebelum-40-tahun-waspadai-sebagai-gejala-penyakit-jantung-KXHMI2BDUQ.jpg Ubanan jadi gejala penyakit jantung (Foto:Ist)

PRIA paling rentan mengalami penyakit jantung koroner. Ada banyak tanda yang mereka alami saat menderita penyakit tersebut.

Rambut rontok dan rambut beruban merupakan pertanda bahwa Anda menua. Tapi saat Anda mulai botak dan Anda memiliki uban sebelum usia 40 tahun, maka Anda perlu memerhatikannya.

Karena ini bisa menjadi tanda beberapa masalah kesehatan serius. Menurut sebuah studi baru, botak prematur dan ubanan bisa menjadi pertanda penyakit arteri koroner pada pria.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti telah meneliti lebih dari 2.000 pria muda di India. Peserta terdiri dari 790 pria, berusia kurang dari 40 tahun dengan penyakit arteri koroner dan 1.270 pria sehat lainnya yang bertindak sebagai kelompok kontrol.

Riwayat klinis semua peserta seperti elektrokardiogram (EKG), ekokardiografi, tes darah dan angiogram koroner dipertimbangkan. Selama penelitian ditemukan bahwa pria muda dengan penyakit arteri koroner memiliki prevalensi kelainan dini yang lebih tinggi 50% dan kebotakan pada laki-laki sebesar 49%.

BACA JUGA:

6 Perbedaan Tanda-Tanda Menstruasi dengan Hamil Muda

Setelah disesuaikan dengan usia dan faktor risiko kardiovaskular lainnya, kebotakan laki-laki dikaitkan dengan risiko penyakit arteri koroner 5,6 kali lebih besar.

Peneliti Dr Kamal Sharma mengatakan, kebotakan dan rambut uban dini dianggap sebagai faktor risiko penyakit arteri koroner. Studi yang dilakukan oleh European Society of Cardiology akan dipresentasikan pada Konferensi Tahunan ke-69 Cardiology Society India (CSI).

"Banyak faktor risiko lain bila seorang laki-laki tandanya menderita penyakit jantung koroner," kata Sharma, dilansir Boldsky, Kamis (7/12/2017).

Sementara itu, pelajari beberapa tanda dan gejala utama penyakit jantung dengan ulasan sebagai berikut ini.

Dada sesak

Salah satu gejala yang paling umum dari penyakit jantung adalah dada sesak dan tidak nyaman. Hal ini terjadi akibat penyumbatan di arteri yang menyebabkan tekanan. Bila berlanjut setiap hari, segera cek ke dokter jantung supaya bisa ditangani.

BACA JUGA:

6 Makanan Pencegah Sakit Jantung Koroner, Sudah Mengonsumsinya Hari Ini?

Gangguan pencernaan dan sakit perut

Sakit perut dan gangguan pencernaan umumnya dapat disebabkan karena kebiasaan makan yang salah. Namun, saat Anda mulai mengalami sakit perut tanpa alasan apapun dalam jangka waktu yang lebih lama maka itu bisa menjadi pertanda masalah jantung. Waspadai dan segera cek ke dokter.

Nyeri di bagian lengan

Bila Anda merasakan sakit di dada dan merembet ke daerah lengan, waspada serangan jantung. Hal ini kerap menjadi keluhan yang sering diabaikan. Hati-hati dengan tanda ini, terutama saat tidur.

Mendengkur

Guys, jika Anda mendengkur terlalu keras maka Anda perlu memerhatikannya. Apalagi kalau terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea. Awas, Anda bisa mengalami henti napas yang membahayakan diri sendiri.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini