Image

Virus HPV Bisa Menyerang Pria Sebanyak 20 Kali

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 481 1826729 virus-hpv-bisa-menyerang-pria-sebanyak-20-kali-JM1CEEf6D0.jpg Botox di Kulit Kepala (Foto: Dailymail)

Penyakit menular akibat seks tidak hanya menyebabkan HIV namun juga bisa HPV. Apa itu HPV?

Human Papillomavirus (HPV) Adalah virus yang menyebar melalui seks tanpa pengaman. Penyakit menular seks ini bahkan juga bisa menyebabkan kanker, yaitu kanker serviks.

Peneliti dari pusat medis Universitas Chicago di AS menemukan bahwa pria dengan HPV berisiko tinggi mengalami infeksi ulang dengan tipe yang sama. Vaksinasi pada anak laki-laki sebelum paparan HPV menjadi cara efektif untuk mengurangi beban infeksi HPV.

Orang yang pernah terinfeksi sekali dengan virus ini memiliki risiko 20 kali lebih tinggi untuk terkena reinfeksi setelah setahun dan 14 kali lebih tinggi setelah dua tahun. Peningkatan risiko ini menunjukkan bahwa infeksi itdak memberikan kekebalan alami terhadap HPV.

Dilansir dari Hindustantimes, tim peneliti menganalis data mengenai penyebaran virus HPV pada pria. Sebanyak 4.000 pria dari tiga kota di Florida, Meksiko, dan Brazil tidak divaksinasi selama lima tahun dari tahun 2005 sampai 2009. Risiko reinfeksi yang tinggi mungkin disebabkan oleh auto-inokulasi, yaitu penyebaran infeksi melalui kontak berulang-ulang di berbagai tempat pada tubuh Anda.

Dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, peneliti menyarankan hal terbaik yang bisa dilakukan pria adalah dengan mencegah infeksi awal dengan vaksinasi sebelum beerhubungan seksual. Namun, jika risiko reinfeksi meningkat karena inokulasi otomatis maka disarankan untuk melakukan vaksinasi kepada orang yang terinfeksi sebelumnya juga.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini