Image

Miliki Kondisi Spesial, Balita Ini Hanya Bisa Makan Buah Peach

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 481 1826770 miliki-kondisi-spesial-balita-ini-hanya-bisa-makan-buah-peach-N1I0OEF4Fa.jpg Micah Gabriel (tengah) mengalami kondisi langka (Foto: Thedailymeal)

BISA menyantap segala jenis makanan dan minuman tanpa harus terhalang suatu kondisi tertentu, misalnya alergi adalah salah satu nikmat yang patut disyukuri.

Namun sayangnya, nikmat dari Tuhan ini menjadi pengecualian bagi Micah Gabriel, balita berusia 23 bulan atau sekira 2 tahun di Kanada. Bagaimana tidak? Sebagaimana diwarta Thedailymeal, Kamis (7/12/2017) Micah disebutkan didiagnosa suatu kondisi yang dinamakan Food Protein Induced Enterocolitis Syndrome (FPIES).

Ini adalah sebuah kondisi alergi terhadap makanan yang menyebabkan reaksi kuat mulai dari muntah-muntah, diare, ruam-ruam di kulit,dehidrasi, hingga hypovolemic shock. Kondisi spesial inilah yang membuat Micah tidak bisa mengonsumsi makanan sembarangan, lebih tepatnya hanya bisa mengonsumsi satu jenis makanan tertentu.

Ibunda Micah, Caroline Masson menjelaskan sebagai orang tua ia berusaha memberikan asupan makanan kepada Micah, yakni pisang yang merupakan makanan solid pertama Micah. Namun sayangnya tubuh Micah menolak diberi asupan pisang tersebut.

"Makanan solid pertama untuk Micah yang kami coba itu adalah pisang, namun empat jam kemudian Micah muntah-muntah sebanyak enam kali berturut-turut hingga akhirnya pingsan, pucat dan tubuhnya hampir biru. Sewaktu pertama kali aku melihatnya mengalami reaksi ini, aku sangat shock sampai-sampai aku sendiri bingung bagaimana untuk menolong dirinya," papar Caroline kepada Global News.

Disebutkan lebih lanjut, sekarang di usianya yang hampir memasuki 2 tahun, Micah hanya bisa mengonsumsi buah peach yang merupakan buah yang sedikit sulit untuk didapatkan di Montreal, Kanada jika sedang tidak musim. Buah peach ini pun aman untuk dikonsumsi Micah dengan catatan, tidak dibekukan, tidak dalam bentuk buah kalengan, dan tidak berbentuk sebagai buah kering atau dried peach karena biasanya mengandung additives.

Khusus untuk asupan makanan Micah ini, Caroline pun harus membeli buah peach dalam jumlah partai yang besar. Ditambah lagi, Caroline juga harus menyiapkan dana untuk biaya kebutuhan pengobatan Micah. Akan tetapi, demi mengurus Micah dan kedua anak laki-lakinya yang lain, Caroline disebutkan tidak bisa kembali bekerja.

"Kami membeli buah peach dalam jumlah yang banyak, kami juga harus membayar biaya pengobatan Micah dan akhirnya kami kehabisan dana untuk kebutuhan ini semua," tambahnya.

Hingga akhirnya, pihak keluarga diketahui lebih lanjut harus menggunakan uang tabungan yang disiapkan untuk berlibur anak-anak demi bisa mengobati Micah yang sudah ada di kondisi underweight (kekurangan bobot tubuh) dan hampir dirawat di rumah sakit diberi tabung selang makanan. (tam)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini