Image

Retno Hening Beberkan Kiat Melatih Bayi Merangkak di Usia 7 Bulan

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 196 1827346 retno-hening-beberkan-kiat-melatih-bayi-merangkak-di-usia-7-bulan-jWM9ehjlvp.png Putri Retno Hening saat belajar merangkak (Foto: Instagram)

MERANGKAK merupakan salah satu tahap perkembangan bayi menuju bisa berjalan. Biasanya bayi mulai belajar merangkak pada usia 6 bulan ke atas.

Namun, tidak semua bayi merangkak sekitar usia itu, ada yang lebih cepat, lebih lambat, atau bahkan ada yang tidak melewati tahap merangakak sama sekali, tapi langsung bisa berjalan.

Retno Hening, ibu dari selebgram baby Kirana, membagi pengalamannya ketika Kirana berusia 7 bulan tetapi belum bisa merangkak. Lewat bukunya Happy Little Soul #TemanMainKirana, wanita yang dijuluki netizen sebagai motivator parenting ini membeberkan cara yang ia lakukan saat melatih puterinya merangkak.

"Usia 7 bulan Kirana belum menunjukkan tanda-tanda akan merangkak. Untuk bergerak maju dengan perutnya juga masih sulit dia lakukan. Lalu, saya mencoba memancingnya agar mau bergerak maju dalam posisi tengkurap," tulis Retno.

Ia meletakkan mainan yang manarik di depan si kecil dengan jarak yang sulit dijangkau sehingga Kirana berusaha meraihnya. Lalu Kirana mulai maju pelan-pelan. Ketika sudah dekat, mainan itu dijauhkan lagi oleh ibunya, sampai berhasil diraih.

Wanita yang kini berdomisili di Muscat, Oman ini mengisahkan, sampai usia 9 bulan Kirana hanya merangkak dengan perutnya. Ia sadar banyak bayi yang tidak melewati tahap merangkak, dan semua baik-baik saja, anak tetap berkembang dan cerdas. Namun Retno ingin Kirana melewatinya.

"Banyak manfaat merangkak yang pernah saya baca di artikel. Dua di antaranya dapat menguatkan otot dan sendi anggota tubuh. Juga dapat melatih koordinasi saraf otak kanan dan kiri melalui gerakan merangkak yang menggerakkan kaki dan tangan secara bergantian. Saat tangan kanan bergerak ke depan, kaki kiri mengikuti, lalu saat tangan kiri bergerak ke depan kaki kanan mengikuti, dan masih ada manfaat-manfaat merangkak lain," sambungnya.

Retno kemudian mencari cara lewat Youtube untuk melatih Kirana merangkak. Dengan mendorong telapak kaki, mengangkat perut, dan perlahan mendorongnya. "Saya juga menggunakan bantuan kain di perutnya. Ketika usia 10 bulan Kirana bisa merangkak," tutupnya. (tam)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini