Image

Manfaat Ajarkan Bayi Makan Pakai Tangan Sendiri saat Sudah Bisa Duduk

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 196 1827369 manfaat-ajarkan-bayi-makan-pakai-tangan-sendiri-saat-sudah-bisa-duduk-hWDMt3uQ9A.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PADA usia 6 bulan rata-rata bayi sudah bisa duduk, di usia ini pula bayi mulai diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Kebanyakan orangtua memberi makanan lunak yang mudah diproses mulut bayi, namun tak sedikit orangtua yang memberi buah potong.

Bahkan, seperti dilansir Parents, Jumat (8/12/2017), sebagian orangtua lain sudah membiarkan bayinya makan sendiri dengan memberikan makanan ke tangan si kecil. Ya, hal itu mungkin dianggap gila bagi beberapa orangtua. Membiarkan bayi makan sendiri menimbulkan ketakutan akan tersedak.

Tapi, apakah baik jika terlalu mengikuti kecemasan orangtua sehingga menunda si kecil belajar makan? American Academy of Pediatrics atau Asosiasi Dokter Anak di Amerika Serikat, justru mendorong para orangtua untuk membiarkan bayi menggenggam makanan sendiri lalu memasukkannya ke mulut saat bayi sudah bisa duduk. Wendy Jo Peterson, RD, penulis Born to Eat: Whole Healthy Food From Baby’s First Bite, dalam bukunya menulis, akan lebih mengkhawatirkan jika terlalu sering sendok menempel di mulut bayi.

"Saya melihat banyak orangtua menunggu sampai setahun untuk memberi kesempatan bayi makan pakai tangan sendiri, setelah lebih dari usia setahun bayi dilepas dari sendok," kata Peterson.

Bisa dimengerti jika orangtua gugup karena takut bayi tersedak. Tapi kemungkinan tersedak sangat kecil jika dia benar-benar mengunyah makanan hingga halus. Sebab tersedak terjadi ketika ada benda yang tersumbat di tenggorokan sehingga menyebabkan terhalangnya keluar-masuk udara. Selama yang diberikan adalah makanan halus yang dikunyah, maka bayi dapat memakannya.

Baca Juga:

Lantas, apa manfaat penting dari makan dengan tangan? Makan dengan tangan memainkan peran penting dalam perkembangan bayi. Bukan sekadar kenyang tetapi juga mengasah kepekaan sensorik dan memperkenalkan tekstur makanan.

"Jika bayi makan bubur dalam jangka waktu lama tanpa diperkenalkan dengan makanan lain dan menggenggam makanan sendiri, bayi bisa menjadi sangat nyaman dengan tekstur bubur dan terisolasi dengan makanan itu saja," tambahnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bayi yang baru diperkenalkan dengan makanan padat pada usia di atas 10 bulan, mereka akan lebih susah makan ketimbang bayi yang berusia 7 bulan. (tam)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini