Image

Rangsang Kunjungan Wisatawan ke Wilayah Perbatasan, Pemerintah Luncurkan Agenda Acara 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 10:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 406 1827166 rangsang-kunjungan-wisatawan-ke-wilayah-perbatasan-pemerintah-luncurkan-agenda-acara-2018-se8wLKfaWl.jpg

INDONESIA menjadi salah satu negara yang memiliki wilayah perbatasan cukup banyak. Letaknya yang berdampingan dengan negara tetangga, membuat pemerintah merasa perlu mengunggulkan potensi pariwisata di kawasan perbatasan.

Ternyata potensi wisata di wilayah perbatasan atau Cross Border tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, potensi yang cukup baik tersebut mesti terus dikembangkan, hingga pemerintah melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menggelar sebuah acara peluncuran dan jumpa awak media untuk agenda acara wilayah perbatasan.

Dalam acara yang dilangsungkan di ballroom Hotel Alila, Jakarta, Jumat, 8 Desember 2017, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, pemerintah telah menyiapkan 214 acara yang akan digelar di 29 area perbatasan (cross Border), yang tersebar didelapan wilayah Indonesia. Acara-acara tersebut digelar demi mengupayakan kunjungan sebanyak 3,57 juta orang wisatawan mancanegara lintas batas sebagai target utama pengunjung wilayah perbatasan pada 2018 mendatang.

"Kehadiran Calendar Event Cross Border 2018 akan menjadi stimulus bagi pariwisata di wilayah perbatasan," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Dengan diadakannya agenda acara di wilayah perbatasan, tidak hanya sekadar untuk menarik pelancong mancanegara saja. Namun, juga sekaligus merangsang pemerintah dan pemerintah daerah untuk terus menggenjot pembangunan infrastruktur, sebagaimana yang ada dalam program Nawacita pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah, dan desa dalam kerangka negara kesatuan serta membangun citra baik daerah lintas batas.

"Membangun citra positif daerah lintas batas dari perspektif pariwisata, daerah lintas batas perlu mengembangkan daya tarik pariwisatanya. Mengembangkan calendar of event adalah salah satu upaya jangka pendek yang efektif dan efisien untuk meningkatkan daya tarik daerah lintas batas dibandingkan dengan membangun destinasi secara fisik," imbuhnya.

Hingga Januari-Oktober tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan ke daerah perbatasan Indonesia telah mencapai 2,83 juta wisatawan mancanegara atau sekira 90,17 persen dari target yang sebesar 3,14 juta wisatawan. Untuk itu, agar target dapat dicapai, Kementerian Pariwisata pada 2017 ini menggelar sebanyak 214 acara di 29 daerah yang tersebar didelapan wilayah, seperti Kepulauan Riau, NTT, Papua, Kalimantan Barat, Riau, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Timur.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini