Image

100 Destinasi Wisata Digital Jadi Target Pemerintah untuk Tahun 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 15:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 406 1827357 100-destinasi-wisata-digital-jadi-target-pemerintah-untuk-tahun-2018-Fe8W76GvjI.jpg Pantai Karetan (Foto: Arika Khoiriya)

GENERASI milenial kini tengah menjadi sorotan. Kebiasaan atau tren baru yang mereka buat ternyata berpengaruh terhadap hampir disetiap sisi kehidupan zaman sekarang, termasuk pariwisata Indonesia.

Perkembangan dan perubahan tren tersebut dipengaruhi oleh teknologi yang juga berdampak pada bidang pariwisata. Dengan semakin merebaknya penggunaan media sosial, seperti facebook, twitter, path, dan yang paling diminati yaitu instagram, destinasi-destinasi wisata baru banyak bermunculan, dan cepat jadi perbincangan netizen.

 BACA JUGA:

Melalui foto generasi milenial menunjukkan diri pada publik terkait tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi. Semakin cepat mengunjungi, dan mengunggah foto di destinasi tersebut, maka bagi generasi milenial mereka akan merasa semakin update, dan gaul.

Melihat potensi seperti ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata tidak tinggal diam. Mereka segera bergerak dan memanfaatkan keadaan dengan membuat destinasi digital, agar pariwisata Indonesia semakin diminati oleh generasi muda khususnya milenial, dan juga generasi-generasi lainnya yang terpengaruh oleh media sosial.

"Destinasi digital itu kalau bahasa anak mudanya destinasi instagramable. Contohnya, sekarang banyak generasi narsis, yang tidak muda lagi juga ikutan narsis. Biasanya netizen perempuan nggak tahu umur, nggak tahu apa, kalau makan pasti difoto dulu, dikirim, baru dimakan. Itu ada sekira 80 persen orang yang seperti itu. Guyonan saya, lebih baik indah di instagram daripada aslinya, itulah yang sekarang terjadi," ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia sambil tertawa, ketika diwawancarai oleh awak media dalam kesempatan Rakor Cross Border 2017, Calendar Event Cross Border 2018, di Hotel Alila, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Lebih lanjut, masih dari pemaparan Arief, saat ini Indonesia telah memiliki empat buah destinasi digital seperti yang ia jelaskan sebelumnya. Adapun, keempat destinasi digital itu, diantaranya Pasar Karetan yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Pasar Pancingan, NTB, dan Baba Boentjit di Kota Palembang.

BACA JUGA:

"Pokoknya destinasi digital kita buat persis seperti yang diinginkan anak-anak muda. Di dunia belum ada ya yang seperti ini, baru Indonesia saja yang membuat. Untuk itu, Menpar Indonesia mau memperkenalkan destinasi digital, tahun depan saya targetkan 100 destinasi digital," pungkas Arief.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini