Image

Wanita Hamil Sering Terpapar Asap Rokok Tingkatkan Risiko Bayi Lahir dengan Asma

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 09:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 481 1827157 wanita-hamil-sering-terpapar-asap-rokok-tingkatkan-risiko-bayi-lahir-dengan-asma-nuF7vyPubt.jpg Ibu Hamil Merokok (Foto: Zeenews)

Tak sedikit wanita punya kebiasaan menjadi perokok aktif maupun pasif. Tapi di saat hamil jangan coba-coba moms, risikonya sebabkan janin kekurangan oksigen hingga risiko asma.

Menghisap rokok tembakau pada dasarnya membahayakan kesehatan. Apalagi selama kehamilan, berhubungan dengan efek kesehatan reproduksi, selain efek kesehatan secara umum.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan, wanita yang tetap terbiasa merokok di saat hamil sebabkan risiko keguguran. Kalaupun tidak keguguran, kesehatan janin terancam.

Selain itu, karbon monoksida dalam asap tembakau dapat membuat bayi yang sedang berkembang kekurangan oksigen. Dampaknya pasti akan buruk saat bayi dilahirkan.

Sebuah penelitian baru juga mengungkapkan, ibu hamil yang menjadi perokok pasif selalu terpapar oleh rokok, dapat menngalami cacat lahir. Efeknya dapat bertahan lama dan mengganggu tumbuh kembangnya. Ibu hamil yang terpapar asap rokok dapat menyebabkan risiko asma.

Tim peneliti melakukan studi terhadap 376 bayi baru lahir dan memperoleh informasi rinci dari orang tua tentang paparan rokok selama kehamilan. Bayi dipantau kesehatannya pada usia 3-15 bulan. Data untuk demografi, anak-anak tersebut sering menderita mengi dan asma.

Peneliti Dr Philip Pattemore dari University of Otago Christchurch Selandia Baru mengatakan, nikotin yang dikandung oleh rokok bisa menempel di benda, pakaian atau bahkan tubuh seorang perokok. Risikonya bila terhirup hidung bekas asapnya dapat mengakibatkan anak asma.

"Ibu hamil yang menjadi perokok aktif ataupun pasif dikaitkan dengan peningkatan risiko mengi dan asma pada usia 15 bulan, meski tidak signifikan dampaknya," ujar Dr Pattemore, dilansir Zeenews,Jumat (8/12/2017).

Selama hamil, jauhi risiko terpapar asap rokok atau menghisap langsung rokok tembakau. Ada banyak dampak yang sudah dijelaskan dan sangat berbahaya.

Begitu juga ingatkan pada orang di sekitar Anda untuk mematikan rokoknya. Hal ini lebih baik dilakukan daripada mengganggu orang lain juga.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini