Image

Bunda, Kenali 4 Gejala Asam Lambung pada Bayi yang Membuatnya Rewel

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 10:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 08 481 1827187 bunda-kenali-4-gejala-asam-lambung-pada-bayi-yang-membuatnya-rewel-eM2u4tlY6B.jpg Bayi (Foto: Boldsky)

BAYI baru lahir hingga usia 6 bulan wajib diberikan ASI eksklusif. Terkadang, karena ibunya makan sembarang, bayi bisa mengalami asam lambung. Seperti apa tandanya?

Asam lambung terjadi karena sistem pencernaan belum mampu mengenal makanan dengan baik. Sekalipun bayi hanya mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya.

ASI mengandung sari makanan yang dimakan oleh sang ibu. Kalau ibunya salah makan, bisa-bisa bayinya mengalami masalah asam lambung.

Agar tidak berdampak fatal, sebaiknya Anda mengenali 4 gejala asam lambung yang umum pada bayi. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Jumat (8/12/2017).

Muntah

Setelah menyusu tiba-tiba bayi muntah terlalu sering dampaknya bisa sebabkan asam lambung. Lambung bayi terasa tidak nyaman dan mengeluarkan semua asam cairan berupa muntah. Kalau terjadi sesekali jangan dikhawatirkan, kalau terlalu sering barulah Anda harus waspada agar tidak berdampak serius.

Menolak minum ASI

Kalau bayi Anda menolak disusui dan menangis terus-menerus, curigai kena asam lambung. Sistem pencernaan bayi terasa tidak nyaman dan jadi sulit untuk menerima makanan. Hal ini tentu harus segera diatasi dengan konsultasi dokter.

Kolik

 

Bayi kolik biasanya menangis terus dan wajahnya merah seperti kesakitan. Saat mengalami kolik tak hanya perut yang sakit, tetapi juga ulu hati, sesak dada dan gejala lainnya. Hal ini membuat bayi tidak nyaman dan rewel terus-menerus.

Sering sendawa

Bayi yang sering sendawa tandanya kena asam lambung. Seorang ibu harus peka bila mengalami kondisi ini. Lambung bayi tidak nyaman dan dia menolak makan atau minum ASI.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini