Image

Pelukan Bantu Sembuhkan Flu, Kok Bisa?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 14:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 481 1827328 pelukan-bantu-sembuhkan-flu-kok-bisa-vDRdSaKxvH.jpg Ilustrasi (Foto: Modernmom)

PELUKAN dari seorang teman atau orang yang dicintai memiliki kekuatan untuk mengangkat suasana hati Anda. Tak cuma itu, manfaat dari pelukan juga bisa mencegah berbagai penyakit, seperti datangnya flu.

Momen berpelukan pasti disukai oleh semua orang, terutama pasangan atau orangtua dengan anaknya. Memeluk adalah tanda kasih sayang dan cinta yang sulit diungkapkan dengan ucapan.

Berpelukan juga menjadi tanda bahwa masing-masing pasangan saling mendukung. Kegiatan menyenangkan ini juga menjadi pengatur emosional seseorang.

Dilansir Thehealthsite, Jumat (8/12/2017), berikut adalah lima manfaat utama bagi pasangan yang senang berpelukan. Simak ulasannya lebih lanjut agar Anda bisa sering melakukannya setiap saat.

Memerangi flu

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Carnegie Mellon, memeluk seseorang bisa membantu mengurangi flu. Pelukan efektif dalam melindungi orang dari infeksi virus. Karenanya, pelukan bisa membantu mengatasi flu dan melindungi sistem kekebalan tubuh, karena terciptanya emosional yang baik.

Menghindari stres

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengklaim bahwa dipeluk oleh orang dipercaya dapat menghindari seseorang dari perasaan stres. Pelukan bisa membangun rasa percaya diri dan membangkitkan suasana hati. Karena itu, Anda bisa berpelukan dengan orangtua, anak atau pasangan sekalipun, supaya bisa efektif mencegah stres.

Menurunkan kadar tekanan darah

Saat Anda memeluk atau mencium seseorang yang dekat dengan Anda, kadar oksitosin naik. Hormon ini berperan penting dalam mengurangi kortisol dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, ketika seseorang memeluk, ada sejenis reseptor tekanan yang ada di kulit menjadi aktif. Reseptor tersebut mengirimkan sinyal ke saraf otak yang menurunkan tekanan darah.

Membakar kalori

Anda mungkin tidak percaya bahwa memeluk orang yang Anda cintai membakar sekira 12 kalori. Berarti setiap kali memeluk seseorang, Anda membakar kalori yang akhirnya menjaga berat badan.

Tingkatkan daya ingat

Hormon oksitosin akan dilepaskan ke dalam aliran darah saat Anda memeluk seorang teman dekat atau keluarga yang dicintai. Aliran darah ke otak pun menjadi lancar dan bisa meningkatkan daya ingat. Anda wajib mendapatkan manfaat ini karena hingga tua nanti bisa terhindar dari risiko alzheimer dan demensia. (tam)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini