Minum Anggur Tingkatkan Kepintaran, Benarkah?

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 08 481 1827384 minum-anggur-tingkatkan-kepintaran-benarkah-IxNQUtQA3J.jpg Minum red wine meningkatkan kecerdasan (Foto: Independent)

PENIKMAT wine mungkin akan bersorak. Pasalnya kini wine atau anggur tidak hanya meninggalkan rasa enak di lidah, namun ternyata bisa membuat peminumnya lebih pintar.

Teori tersebut diungkapkan oleh ahli saraf Yale Gordon Shepherd. Ia mengatakan bahwa meminum anggur dapat mengaktifkan gret matter (penghubung abu-abu pada jaringan otak) lebih banyak dibandingkan dengan mendengarkan lagu dan memecahkan soal matematika. Hal tersebut dituangkan dalam bukunya, “Neuroenology: How the Brain Creates the Taste of Wine”.

Bagi Shepherd, meminum anggur merupakan proses yang komposit, yakni melibatkan banyak elemen yang berbeda, termasuk cara menyesap wine, bagaimana lidah menggerakkan wine di sekitar mulut, dan bagaimana hidung merespon aroma wine.

“Anda tidak hanya menaruh anggur di mulut Anda dan meninggalkannya di sana, tetapi juga menelannya, yang mana merupakan hal yang rumit,” katanya, seperti yang dilansir dari Independent.co.uk.

Otak memainkan peran yang sangat penting dalam menganalisis rasa anggur. Shepherd pun menyamakannya seperti kerja mata terhadap warna.

“Analogi yang bisa dipakai ialah warna. Objek yang kita lihat sesungguhnya tidak memiliki warna. Warna tersebut didapatkan dari cahaya yang menerpa mereka. Saat itulah cahaya menyerang mata kita, sehingga mengaktifkan sistem di otak yang menciptakan warna dari panjang gelombang berbeda,” jelas Shepherd.

Baca Juga:

“Demikian pula dengan wine. Molekul anggur tidak memiliki rasa, namun saat anggur tersebut merangsang otak kita, maka otak menciptakan rasa dengan cara yang sama, seperti menciptakan warna.” tambahnya.

Jadi, dengan menikmati rasa lezat dari wine, otak Anda akan benar-benar terlibat dalam aktivitas yang Anda sadari.

Manfaat red wine

Tidak hanya wine, red wine yang lebih populer ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaat sehat minum red wine yang dilansir dari Boldsky:

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Banyak penelitian menyebutkan, seseorang yang ruitn minum segelas anggur merah setiap malam dapat meningkatkan kesehatan jantung. Wine mengandung tinggi antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Mencegah penuaan dini

Lagi-lagi, karena mengandung antioksidan, minum wine dapat meremajakan sel-sel kulit. Pada akhirnya, Anda dapat mencegah risiko penuaan dini, khususnya pada wanita.

Turunkan berat badan

Minum segelas anggur merah di malam hari dikenal membantu turunkan berat badan seseorang. Karena wine dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan efektif membakar lemak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini