nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa SMK Ponorogo Temukan Resep Tongseng Keong Gurih, Lezat dan Bergizi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 09 Desember 2017 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 09 298 1827856 siswa-smk-ponorogo-temukan-resep-tongseng-keong-gurih-lezat-dan-bergizi-yjIv6Z6ni7.jpg Tongseng keong (Foto: Cookpad)

KEKAYAAN alam Indonesia seakan tidak ada habisnya untuk diolah menjadi berbagai produk bernilai tinggi. Salah satunya adalah keong emas.

Hewan mungil ini ternyata dapat diolah menjadi hidangan unik dengan cita rasa lezat, serta memiliki gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berbicara soal keong emas, beberapa waktu lalu para siswa SMK di Ponorogo Jawa Timur berhasil mengolah menu makanan dari keong emas yang mereka sebut tongseng keong.

Berdasarkan laporan Ahmad Subekhi, salah seorang reporter MNC Media, menu tongseng keong ini muncul berawal dari keluhan para petani yang mendapati tanaman padi mereka telah rusak akibat serangan hama keong emas.

Mengingat jumlahnya yang sangat besar, hal tersebut justru mendorong guru dan senumlah siswa jurusan tataboga SMK Pemda Ponorogo untuk mencari sebuah ide demi menanggulangi permasalahan yang dihadapi para petani. Meski sempat mengalami kegagalan, mereka akhirnya berhasil mengolah keong emas menjadi makanan yang lezat dan bisa dijual di pasaran.

Lalu seperti apa proses pengolahannya?

Caranya cukup sederhana. Pertama, keong yang baru diambil dari sawah dicuci bersih hingga tidak ada kotoran yang menempel. Lalu masak bersama cangkangnya sampai empuk, kemudian keluarkan dari camgkangnya dan bersihkan bagian empedu untuk membuang kotorannya.

Perlu diingat bahwa bagian empedu ini harus dicuci hingga bersih karena kotoran yang didalamnya dapar menimbulkan rasa pahit yang kuat. Setelah itu daging keoh kembali dicuci bersih dan siap ditongseng.

Untuk membuat tongseng keong juga sangat sederhana, siapkan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan sejenisnya. Tambahkan cabai sesuai dengan selera. Haluskan bahan tersebut kemudian digoreng hingga tercium aroma harum.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan daging keong ke dalam bumbu tersebut, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Tambahkan kecap manis dan merica sebagai bahan pelengkap. Tunggu hingga bumbu meresap, lalu ssjikan bersama nasi putih hangat. Bagaimana, mudah bukan?

Kelezatan tongseng keong ini ternyata sudah diakui oleh masyarakat Ponorogk. Tak terkecuali bagi Gecol Wahyu, salah seorang warga pencinta tongseng keong.

"Alhamdulillah rasanya gurih, kenyal, dan enak, seperti kerang laut yang ada di restoran. Makanan ini tepat guna, karena bisa dijadikan sarana pembasmi hama yang tengah dihadapi para petani m tani. Hewan inilah yang biasanya menjadi perusak tanaman, ternyata bermafaat juga jika dimakan," tutur Wahyu.

Baca Juga:

Tidak hanya Wahyu, berbagai respon positif pun terus berdatangan silih berganti. Salah satu guru pembimbing SMK Pemda Ponorogo berharap agar kedepannya ia dan para siswa dapat terus mengembangkan terobosan unik ini.

"Harapannya semoga menu tongseng keong ini bisa dikembangkan ke khalayak. Saya selaku guru pembimbing bertekad untuk terus megembangkan menu kelong racin," tukas Imam Komarudin para siswaterus mengembangkan menu keong racun ini hingga

Menu tongseng keong bisa menjadi alternatif menu baru yang bergizi, sekaligus menjadi solusi dalam memberantas hama pertanjan. Jika dikembangkan lebih lanjut, keong emas juga bisa dimasak rica-rica, gulai, hingga keripik keong.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini