nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien Obesitas Berbobot 310 Kg Asal Karawang Meninggal Dunia

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 10 Desember 2017 22:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 10 481 1828215 pasien-obesitas-berbobot-310-kg-asal-karawang-meninggal-dunia-SFfRLT3l6y.jpg

KARAWANG - Yudi Hermanto, warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang menderita penyakit obesitas atau mengalami kenaikan berat badan tiga kali lipat hingga mencapai 310 kilogram meninggal dunia, Minggu (10/12/2017).

"Pasien obesitas atas nama Yudi Hermanto (33), warga Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, meninggal dunia. Kemungkinan penyakit jantungnya kambuh," ujar Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat Asep Hidayat Lukman.

Ia mengatakan, sesuai dengan laporan dari petugas rumah sakit, Yudi meninggal dunia setelah mandi. Kondisi itu terjadi akibat Yudi mengalami sesak nafas dan kejang.

Seorang kerabat Yudi, Nadia mengatakan saat itu Yudi mengaku kegerahan. Yudi memutuskan untuk mandi dan setelah mandi berbaring hingga kemudian mengeluhkan sesak nafas.

Pihak keluarga mencoba menghubungi dokter. Tetapi Yudi mengalami kejang-kejang dan akhirnya tidak bergerak. "Karena panik, saya langsung menghubungi perawat. Tapi setelah perawat datang, Yudi sudah tak bergerak," katanya.

(Baca Juga: Penyebab Semakin Banyak Remaja Obesitas, Doyan Makan Pizza, Burger hingga Kecanduan Gadget)

Berat badan Yudi Hermanto naik tiga kali lipat selama setahun terakhir. Pada awalnya, berat badannya mencapai 110 kilogram. Sekarang naik menjadi 310 kilogram.

Ia harus menjalani perawatan di RSUD Karawang. Tapi perawatan itu sempat terganggu karena faktor ekonomi. Yudi baru bisa berobat ke rumah sakit satu pekan lalu setelah Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamaksyari memberikan bantuan pengobatan gratis.

(Baca Juga: Perempuan Tergemuk Sedunia dengan Berat 500 Kg Meninggal Dunia)

Penyakit obesitas mulai menyerang Yudi setahun belakang. Berat badannya terus naik hingga mencapai 310 kilogram dari sebelumnya yang hanya 110 kilogram. Yudi mengaku penyakit obesitas ini mulai dirasakan ketika bekerja di perusahaan catering.

Dia selalu mengonsumsi makanan yang kelebihan untuk dikirim ke pelanggan perusahaannya. Sejak saat itu dia merasakan tubuhnya semakin tambun. Yudi mengaku mulai kebingungan dengan pertumbuhan badannya yang semakin cepat. Dia sempat meminta orang tuanya untuk ke dokter, tapi karena tidak punya uang penyakitnya tak diobati.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini