Pengen Jadi Orang Bijak, Berpikir Simple dan Ikuti Tujuh Tips Ini

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 11 196 1828338 pengen-jadi-orang-bijak-berpikir-simple-dan-ikuti-tujuh-tips-ini-t5wtD5aWGb.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Jika selalu berpikir dengan lebih simpel dan mengesampingkan hal-hal yang tidak penting, tak perlu kesulitan untuk menjadi seorang yang bijak. Siapa pun dan di mana pun orang bisa menjadi bijaksana asalkan berani dan terus berusaha memperbaiki diri. Hal ini bisa dibuktikan lewat beberapa tips di bawah ini yang bisa diikuti dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menjadi orang bijak bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah 7 tips menjadi orang bijak yang akan dijabarkan lewat ulasan di bawah ini. Siapkah untuk menerapkan dan mempelajarinya? Beranikah? Anda dapat menjawabnya dengan sendirinya.

1. Pikirkanlah Setiap Hal Sebelum Berbicara

“Berpikir sebelum berbicara”. Mungkin sudah menjadi sebuah kalimat yang familier untuk kita dan sudah sangat sering didengar. Tapi, faktanya masih ada saja yang belum benar-benar menerapkan kalimat tersebut. Masih banyak yang bertindak semaunya dan berbicara tidak sesuai fakta yang ada.

Ada juga kalimat seperti “Anda tidak akan dapat menarik kembali kata-kata yang telah keluar dari mulut”. Jangan bicara hal yang tidak bisa dilakukan atau hal yang bahkan belum diketahui sebelumnya. Pasti sudah tahu bahwa akibat dari perbuatan tersebut akan menjadi sebuah pisau bermata dua bagi Anda. Oleh karena itu, pikirkanlah matang-matang apa yang ingin diucapkan.

2. Tak Pernah Ada Waktu yang Tepat

Tak perlu menunda-nunda pekerjaan atau keinginan. Masa depan ada pada waktu itu juga. Ubahlah pola pikir jika masih menunggu terus waktu yang tepat untuk mendapatkan keinginan. Jika terus berusaha setiap saat dan memberikan sesuatu yang terbaik tiap waktu, Anda pun akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan usaha yang telah dilakukan. Ingatlah, sekali lagi jangan pernah menunggu waktu yang tepat untuk berjalan menggapai keinginan. Tak pernah ada waktu yang tepat untuk memulai segala usaha yang telah dimulai sebelumnya.

3. Jangan Bersikap Egois

Ingatlah manusia adalah makhluk sosial dan selalu memerlukan bantuan orang lain. Entah apa pun hal yang Anda hadapi. Bersikap egois bukanlah sebuah pilihan atau pola pikir orang bijak. Karena itu, jika masih memiliki sifat seperti ini, ada baiknya tinggalkanlah. Pikirkanlah kebutuhan orang lain dan selalu bersikap peka dengan keadaan di sekitar.

Anda pun perlu memikirkan kebutuhan diri sendiri agar tetap seimbang. Jika gagal atau tidak bisa menyeimbangkannya, kesulitan akan terjadi dalam hidup Anda. Dan masalah tersebut pun akan sangat sulit untuk diatasi kalau Anda tidak pandai dalam menyelesaikannya. Menjadi seorang yang bijak memang butuh pengorbanan dan usaha dari diri sendiri untuk meninggalkan segala kebiasaan yang merugikan.

 

4. Kendalikan Emosi

Mengendalikan emosi adalah bagian terpenting untuk menjadi seorang yang bijaksana. Biasanya banyak orang yang meletakkan segala permasalahan pada emosi yang sedang naik dan tidak dapat dikendalikan. Hal seperti itu akan merugikan diri Anda sendiri karena nantinya akan sulit dikendalikan dan dinormalkan seperti sedia kala.

5. Berpendirian Pasti

Pegang teguh pendirian yang Anda miliki dan jangan pernah tergoyahkan. Dengan memiliki pendirian kokoh, Anda pun akan lebih mengenal diri sendiri dan sulit untuk dikendalikan orang lain. Berpendirian kuat juga akan sangat menguntungkan diri Anda kelak ketika berhadapan dengan hal-hal baru dan sangat asing.

6. Jangan Mudah Terpengaruh dengan Orang Lain

Setiap orang bijak selalu dapat menyadari pengaruh negatif yang ditularkan dari orang lain. Begitu pun diri Anda yang mungkin sudah mulai peka terhadap pengaruh yang ada tersebut. Pengaruh negatif memang membuat banyak orang berubah dengan drastis dan tak dapat mengenali dirinya sendiri dan akan kesulitan untuk mencari tempat. Jangan mudah terpengaruh dari apa yang telah orang lain lakukan dan tularkan.

 

7. Milikilah Tujuan Pasti

Memiliki tujuan yang harus digapai adalah salah satu langkah yang cocok untuk menjadi orang bijak dan selalu bersikap berani dalam menggapai tujuan tersebut. Dengan memiliki tujuan, Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat untuk bisa menggapainya. (ris)

(ful)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini