Share

Peneliti Ungkap Irisan Lemon pada Minuman Bisa Sebarkan Bakteri E.coli

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Senin 11 Desember 2017 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 11 298 1828310 peneliti-ungkap-irisan-lemon-pada-minuman-bisa-sebarkan-bakteri-e-coli-7NlwiTYuzt.jpg Jeruk lemon bisa sebabkan bakteri e.coli (Foto:Shutterstock)

IRISAN lemon memang ampuh untuk menambah sensasi segar ketika ditambahkan ke dalam air mineral, soda, atau bahkan secangkir teh hangat. Namun menurut sebuah studi, hal tersebut justru akan meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya.

Studi yang dipublikasikan oleh Journal of Environmental Health pada 2007 lalu telah meniliti kebiasaan sejumlah restoran ketika menambahkan irisan lemon ke dalam racikan minuman mereka. Banyak yang tidak mengetahui bahwa irisan lemon sebagian besar telah terkontaminasi virus atau bakteri penyakit.

Peniliti telah mengumpulkan 76 irisan lemon dari 21 restoran berbeda untuk membuktikan hal tersebut. Hampir 70% sampel yang mereka kumpulkan menunjukkan pertumbuhan mikroba yang cukup signifikan, baik pada kulit maupun daging buah. Mikroba ini menyebabkan beberapa jenis penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

BACA JUGA:

Bosan Makan Nasi Goreng? Yuk Bikin Roti Goreng Isi Abon Ikan...

Jadi, dari mana semua bakteri itu berasal? Menurut periset di Clemson University, bakteri-bakteri itu berasal dari tangan, talenan, atau bahkan peralatan masak yang tidak dibersihkan dengan baik. Lebih lanjut ia menjelaskan, ketika tangan terkontaminasi bakteri E.coli dan menyentuh lemon basah, bakteri tersebut akan berpindah 100% dalam waktu singkat. Jika lemon yang digunakan dalam keadaan kering, perpindahan bakteri hanya terjadi 30% saja. Tapi seberapa sering lemon segar benar-benar dalam kondisi kering ketika berada di tangan seorang chef? Tentunya tidak ada yang bisa memastikan hal tersebut.

“Penyebaran bakteri akan lebih cepat ketika irisan lemon digunakan sebagai garnish di pinggiran gelas. Apalagi jika lemon tidak disimpan dengan baik mengingat sekecil apapun bakteri E.coli, ia bisa berkembang biak dengan cepat,” tutur Clemson seperti dilansir dari Mashed, Senin (11/12/2017).

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa racikan minuman apapun termasuk koktail dan minuman alkohol lainnya, tidak dapat dikatakan aman ketika disajikan dengan irisan lemon. Studi lain mengatakan, kebanyakan bakteri dapat bertahan meski berada dalam minuman beralkohol sekalipun.

BACA JUGA:

Siswa SMK Ponorogo Temukan Resep Tongseng Keong Gurih, Lezat dan Bergizi

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan, Dr. Alan Taege selaku spesialis penyakit menular dari The Cleveland Clinic, menganjurkan agar para konsumen lebih memperhatikan orang-orang yang menangani makanan dan minuman di dapur restoran atau bar.

“Jika Anda berada di sebuah bar, Anda bisa melihat orang-orang dari balik meja, apakah mereka memotong lemon dengan tangan kosong, atau menggunakan penjepit khusus untuk memasukkannya ke dalam gelas agar lemon tidak terkontaminasi bakteri,” tukasnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini