Tak Disangka! Tahu Bisa Dibuat Jadi Minuman Wine

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 11 298 1828607 tak-disangka-tahu-bisa-dibuat-jadi-minuman-wine-uFpreMBWxz.jpg White Wine (Foto: Vinepair)

BANYAK yang memilih untuk tidak meminum minuman beralkohol, termasuk minuman wine di dalamnya dengan alasan kesehatan. Well, mungkin Anda yang termasuk di dalam kategori ini, bisa sedikit bergembira dengan kabar teranyar satu ini.

Sebab, sebagaimana dilapor Foodbeast, Senin (11/12/2017), para peneliti dari National University of Singapore disebutkan telah sukses membuat minuman beralkohol yang dibuat dari tofu alias tahu.

BACA JUGA:

Minuman ini disebutkan hadir dengan nama Sachi yang memiliki makna 'kebijaksaan yang merekah' dalam bahasa Jepang, dengan maksud untuk mempresentasikan cita rasa manis, buah-buahan, dan bunga yang terkandung dalam 'Sachi'. Untuk kandungan alkohol, Sachi sendiri mengandung tingkat alkohol yang cukup ringan yakni sekitar 7 hingga 8 persen.

 

Sedangkan untuk kandungan bahan, menariknya minuman Sachi dibuat dengan menggunakan bahan yakni cairan sisa kaldu cair yang diperoleh saat membuat kembang tahu, di mana kerap kali biasanya cairan ini dibuang begitu saja.

Pembuat minuman Sachi mengatakan bahwa minuman wine dari air tahu menawarkan manfaat kesehatan mulai dari kandungan kalsium yang tinggi, probiotik, dan zat anti-oksidan berupa  isoflavon yang dapat bekerja untuk meningkatkan kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

BACA JUGA:

Wah, siapa sangka ya limbah pembuatan tahu yang biasanya terbuang begitu saja ternyata bisa dimanfaatkan sedemikian rupa menjadi sebuah produk yang punya nilai ekonomi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini