nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 05:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 11 298 1828685 5-tips-membersihkan-peralatan-dapur-berbahan-stainless-steel-411GsGuLDE.jpg Cara membersihkan peralatan dapur berbahan stainless steel (Foto: Valerie)

MEMBERSIHKAN peralatan dapur bukanlah perkara mudah. Contohnya adalah peralatan dapur berbahan stainless steel. Jika tidak dibersihkan dengan benar, peralatan ini akan sangat mudah terkena goresan yang bisa mengakibatkan timbulnya korosi (karat).

Untuk menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 5 tips membersihkan peralatan stainless steel agar tahan lama, sebagaimana dilansir dari TheKitchn, Senin (4/12/2017).

BACA JUGA:

Sekolah di Korsel Hidangkan Makan Siang Mewah untuk Muridnya, Apa Ya Kira-Kira?

Gosok satu arah

Sebelum membersihkan peralatan dapur berbahan stainlees steel, perhatikan terlebih dahulu bentuk alat atau meja yang hendak Anda bersihkan. Jika sudah menemukan sumber kotoran, gosoklah secara satu arah agar bagian lainnya tidak ikut terkena kotoran dan berkarat.

Gunakan kain lap yang halus

Permukaan stainless sangat rentan terkena goresan. Oleh karena itu, gunakan kain yang memiliki permukaan halus (microfiber) untuk menghindari goresan yang tidak Anda sadari ketika membersihkannya. Hindari penggunaan paper towerl karena benda tersebut memiliki tekstur yang sedikit kasar.

Bersihkan sebanyak dua kali

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya bersihkan peralatan stainless steel dua kali berturut-turut. Tahap pertama Anda bisa menggunakan cuka untuk menghapus kotoran yang menempel. Setelah itu, bersihkan dengan minyak zaitun agar peralatan Anda terlihat kinclong dan bersih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dan jangan lupa gunakan kain lap halus untuk mengeringkannya.

BACA JUGA:

Catat, Studi Sebutkan Makanan di Maskapai Penerbangan Ini Paling...

Bersihkan secara teratur

Untuk keperluan sehari-hari, Anda bisa membersihkan stainless steel dengan sabun pencuci piring yang telah dicampur air. Gunakanlah kain lap halus untuk menggosoknya, dan pastikan peralatan dikeringkan setelah selesai mencuci.

Tidak perlu membeli sabun pencuci khusus

Jika kombinasi sabun pencuci-air dan cuka-minyak zaitun berhasil membersihkan peralatan stainless steel dengan baik, Anda tidak perlu lagi membeli sabun khusus stainless steel. Satu-satunya alasan untuk membeli benda tersebut adalah ketika peralatan stainless steel Anda memiliki goresan di sejumlah bagian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini