Bukan Dongeng, Kisah Ibu Lahirkan Bayi Mirip Duyung Ini Jadi Viral!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Desember 2017 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 11 481 1828335 bukan-dongeng-kisah-ibu-lahirkan-bayi-mirip-duyung-ini-jadi-viral-DehM03Lzy7.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SELAMA ini banyak orang yang beranggapan kalua yang namanya putri duyung itu tidak ada di dunia nyata. Itu hanya sebuah dongeng indah sebelum tidur. Lagipula, memangnya ada manusia yang bisa hidup di dalam air dan di daratan sekaligus?

Namun, ajaib! Di India kisah itu bukan hisapan jempol belaka. Yang namanya duyung itu benar adanya. Tetapi, duyung ini baru saja dilahirkan dan meninggal sesaat setelahnya.

Dilansir dari Mirror, bayi duyung ini lahir ke bumi tanpa alat kelamin. Kondisi itu terjadi karena adanya kecatatan pada kaki si anak yang mana keadaannya menyatu kanan dan kirinya. Sedikit informasi, kelahiran bayi duyung ini di dunia terjadi untuk kelima kalinya.

Adalah Muskura Bibi. Sang ibu dari putri duyung ini ternyata masih berusia 23 tahun. Dirinya pun tidak tahu kalau bayi yang dikandungnya itu ternyata memiliki keanehan yang langka. Pasalnya, dia tidak memiliki uang sama sekali untuk memeriksakan kehamilannya.

Terkait dengan kondisi yang dialami si bayi duyung, secara kedokteran itu dinamakan dengan Mermaid Syndrome atau Sirenomelia. Kondisi ini menyebabkan tubuh si anak, khususnya bagian kakinya menyatu dan mengalami deformitas.

Ya, karena kakinya menyatu, alhasil bayi ini tidak memiliki alat kelamin. Selain itu, kondisi kesehatan tubuh si bayi secara keseluruhan juga mengalami masalah. Misalnya adanya gangguan di jantung dan ginjal si bayi. Makanya, dokter pun tidak bisa membantu banyak terkait dengan kelangsungan hidup anak duyung ini.

"Saya belum pernah melihat bayi seperti itu sebelumnya. Ini adalah kasus pertama Sirenomelia di negara bagian dan kedua di India,” kata

Dr Sudip Saha, spesialis anak di RS Chittaranjan Deva Sadan, Kolkata, India. Bayi tersebut hanya bisa bertahan hidup sejam setelah dia dilahirkan.

Bicara mengenai kondisi tubuh si bayi, dr Sudip menjelaskan, bayi itu memiliki formasi normal di bagian atas tubuh tapi di bawah pinggang kakinya menyatu. Bagian bawah tubuhnya tidak berkembang sepenuhnya.

Baca Juga:

Sementara itu, selama kehamilan Bibi mengaku memang tidak pernah menjalani sonografi USG ataupun menjalani pengobatan yang tepat selama kehamilan pertamanya. Jadi, bisa dikatakan, Bibi tidak pernah tahu bagaimana kehamilannya. Makanya, saat tahu anak yang dilahirkannya dikatakan anak duyung, Bibi pun kaget dan hanya bisa menangis, serta sabar.

Dr Saha menambahkan bahwa ini berarti janin memiliki sirkulasi yang tidak tepat dan tidak diberi gizi yang baik selama dikandung sang ibu. Makanya, sangat disarankan pada setiap ibu hamil memeriksakan kesehatan dirinya pun jabang bayi yang sedang dikandung agar kesehatan keduanya terjamin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini