nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Gerakan Sederhana Ini Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 11 481 1828786 6-gerakan-sederhana-ini-bantu-perbaiki-postur-tubuh-LISLMMXZ7K.png Gerakan memperbaiki postur tubuh (Foto: Health)

SADAR atau tidak, cara seseorang berdiri dan duduk bisa memengaruhi postur tubuhnya. Sebut saja ketika berdiri miring ke samping atau duduk membungkuk.

Hal-hal kecil semacam itu dapat membuat gerak otot menjadi terlalu banyak atau bahkan kurang aktif. Apabila dibiarkan, postur tubuh yang tidak sempurna dapat menyebabkan nyeri otot.

Beruntung, postur tubuh itu bisa diperbaiki dengan melakukan sejumlah latihan. Memang postur tubuh tidak akan kembali ke bentuk sempurna. Tapi paling tidak, nyeri otot dapat dikurangi dan berdampak pula pada peningkatan kinerja atletik.

Melansir Health, Selasa (12/12/2017), berikut sejumlah latihan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh.

Gerakan seperti orang-orangan sawah

Meskipun terdengar konyol, tapi gerakan ini cukup mampu memperbaiki postur tubuh. Untuk melakukannya mulailah dengan berdiri di mana posisi kaki selebar pinggul. Kemudian peganglah bobot ringan yang sejajar dengan pinggul. Selanjutnya, ambil posisi membungkuk dengan ketentuan punggung harus rata dan lengan lurus ke bawah, tepat di atas lutut.

Sambil membungkuk, arahkan siku ke belakang dengan menggunakan otot punggung bagian atas sehingga menekan bentuk T yang rusak. Lalu, putar tangan ke atas bahu dan ambil posisi seperti engsel. Setelahnya, lepaskan kedua lengan lurus ke depan dan telinga. Terakhir, kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan sebanyak 8 kali dalam 3 set.

Gerakan seperti perenang

Gerakan ini bukan mengharuskan Anda untuk berenang melainkan ambil posisi layaknya perenang. Mulailah dengan berbaring telungkup di mana posisi lengan dan kaki terentang. Jaga posisi tetap netral dan tataplah lantai di depan mata. Kemudian, ayunkan tangan di sisi seperti berenang dengan tangan melewati atas kepala. Fokuslah untuk menjaga bahu tetap santai dan bergerak dari lats dan mid back. Ulangi sebanyak 8 kali dalam tiga set.

Baca Juga:

Putaran eksternal bahu

Untuk melakukan gerakan ini sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan dua buah dumbbell yang masing-masing diletakkan di kedua tangan. Setelah memegang dumbbell, tekuklah siku dan jaga agar tetap menempel di badan. Kemudian putar telapak tangan menjauh dari tubuh sampai lengan hampir menghadap ke luar. Kemudian secara perlahan kembalikan kedua tangan ke posisinya semula. Gerakan sederhana ini dapat membuat otot punggung dan bahu terbakar. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali dalam 3 set.

Gerakan duduk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk gerakan ini adalah duduk di atas bangku. Kemudian pastikan tangan berada di belakang leher dan siku berdekatan satu sama lain. Selanjutnya, angkatlah dada dan siku ke langit-langit lalu bergerak dari punggung atas. Pastikan punggung bagian bawah tidak melengkung. Ulangi gerakan sebanyak 8-12 kali dalam 3 set.

Gerakan jalan petani

Anda tentu tahu bagaimana cara petani berjalan sewaktu memanggul peralatannya. Mulailah gerakan ini dengan memegang dumbbell di kedua tangan di mana lengan terentang di sisi tubuh. Kemudian angkatlah bahu hingga terasa menjepit telinga. Selanjutnya, berjalanlah ke depan dengan menjaga bagian inti tetap bergerak sambil Anda mengambil langkah-langkah yang kuat dan disengaja. Berjalanlah sejauh 27-45 meter dan istirahat sebentar. Ulangi 5-8 set.

Baca Juga:

Gerakan memutar

Gerakan ini tidak jauh berbeda dengan putaran eksternal bahu. Anda cukup hanya memegang satu buah dumbbell dengan kedua tangan dan posisikannya di depan dada. Kemudian putarkan tangan mulai dari bahu ke arah belakang dan terakhir ke bawah telinga. Sederhananya, gerakan ini membuat tangan mengelilingi kepala dengan bentuk lingkaran. Selama melakukan gerakan, pastikan kepala dan leher tetap tegak lurus. Ulangi gerakan sebanyak 10 putaran dan kemudian ulangi lagi sebanyak 10 putaran dengan arah yang berbeda. Lakukan sebanyak 3 set. (tam)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini