nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eggnog, Minuman Khas yang Selalu Identik dalam Perayaan Natal

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 16:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 12 298 1829144 eggnog-minuman-khas-yang-selalu-identik-dalam-perayaan-natal-HFbvc97xVO.jpg Eggnog (Foto: Chowhound)

MUNGKIN sebagian dari Anda tidak mengetahui apa itu eggnog. Eggnog adalah minuman manis terbuat dari kuning telur yang dikocok bersama segelas air putih. Minuman ini selalu identik dengan Hari Natal.

Namun, apakah Anda benar-benar mengetahui bahan-bahan pembuatan eggnog? Apakah minuman ini baik untuk kesehatan? Apakah bisa buat sendiri di rumah? Apakah telur sebagai bahan utamanya? Jika ya, telur tersebut dimasak atau mentah? Lalu, apakah ada bahan lain?

Beberapa pertanyaan di atas mungkin muncul dalam otak Anda saat memikirkan minuman ini. Namun, dilansir dari Huffingtonpost (12/12/2017), bahan-bahan tradisional dalam membuat minuman eggnog pun terpecahkan. Berikut resepnya di bawah ini.

1. Kuning telur

Setiap resep menggunakan jumlah kuning telur yang berbeda, namun biasanya ada sekira 4 kuning telur per liter dari eggnog yang sudah jadi. Kuning telur tersebut dibiarkan mentah dan didinginkan. Inilah alasan mengapa ada sedikit risiko terkena bakteri salmonella.

2. Gula putih

Pada resep, tertera 12 sendok makan (3/4 cangkir) gula putih. Namun, setiap orang memiliki selera manis yang berbeda-beda, sehingga tergantung seberapa manis yang Anda inginkan untuk membuat minuman eggnog ini.

3. Susu

Susu merupakan bahan dasar minuman eggnog, sehingga jika ingin minuman eggnog Anda terasa enak, maka pilihlah susu yang berkualitas bagus.

4. Heavy cream (Krim kental)

Jika kuning telur dan susu masih dirasa kurang, jangan takut untuk menambahkan heavy cream atau krim kental, karena eggnog juga cocok disantap dengan krim kental.

5. Minuman beralkohol

Biasanya tergantung selera, tetapi umumnya minuman eggnog memang selalu dicampur dengan minuman beralkohol. Uji rasa ilmiah pun membuktikan bahwa kombinasi terbaik ialah eggnog yang dicampur dengan rum dan konyak. Namun, resep lain menuliskan bahwa eggnog cocok dengan wiski, rum, dan sherry.

6. Pala

Beberapa resep juga mengatakan bahwa eggnog serasi jika diberi kayu manis, vanili, atau rempah-rempah lainnya, tetapi untuk rempah yang satu ini hukumnya wajib! Dan akan lebih enak jika dicampur dengan pala yang baru diparut.

7. Putih telur yang dikocok

Sebagian besar bahan ini tertulis di resep sebagai bahan yang bisa dipilih, bisa juga tidak. Menambahkan putih telur yang dikocok ke dalam eggnog Anda akan sedikit meringankan tekanan mengenai fakta bahwa minuman eggnog ini secara teknis bersifat mentah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini