Etika yang Harus Diajarkan ke Anak saat Bawa Bekal ke Sekolah

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 12 298 1829321 etika-yang-harus-diajarkan-ke-anak-saat-bawa-bekal-ke-sekolah-tGukJI13tn.jpg Bekal (Foto: Todays Parents)

MEMBAWAKAN bekal makan siang untuk si kecil ke sekolah adalah cara terbaik untuk mengajarkan anak-anak agar tak terbiasa jajan. Anak-anak jadi disiplin membawa bekal dari ibu yang sehat dan bersih.

Namun, pernahkah ibu memikirkan beberapa hal yang perlu dilakukan anak ketika mereka membuka kotak makannya di sekolah? Ya, perlu diingat, anak-anak tidak sendiri di sekolah. Mereka akan duduk di meja makan bersama teman-temannya. Seperti dilansir dari Parents, Rabu (13/12/2017) sedikitnya ada 4 hal terkait etika yang perlu dilakukan anak saat membawa bekal ke sekolah.

Berbagi makanan

Tidak semua anak-anak membawa bekal ke sekolah. Isi kotak makan mereka juga berbeda-beda. Maka penting diperhatikan oleh para ibu untuk melebihkan isi kotak makan si kecil. Ajarkan anak etika berbagi makanan yang mereka bawa kepada teman-temannya saat makan satu meja.

Menghabiskan makanan

Ada banyak limbah makanan yang dihasilkan dari sisa makan anak-anak. Limbah sisa makanan tersebut ditemukan oleh petugas sekolah atau para ibu yang menerima kotak makan saat kembali dibawa pulang ke rumah. Makanan sisa itu biasa terbuang dan efeknya dapat mencemari lingkungan. Oleh sebab itu minta anak-anak menghabiskan makanan mereka terutama sayuran.

Tidak meminta-minta

Meski anak-anak diajarkan berbagi makanan dan memberi jika teman mereka meminta bekal yang dibawa dari rumah, namun bukan berarti anak-anak boleh meminta makanan teman. Katakan kepada si kecil mereka tidak boleh meminta puding susu cokelat yang ada di kotak makan temannya, sebelum ditawarkan.

Membuang sampah

Bekal yang dibawa anak bisa saja berupa susu kotak atau roti kemasan. Ajarkan anak-anak untuk tidak membiarkan sampah-sampah itu tergeletak di meja. Beri pesan kepada si kecil agar langsung membuang kotak susu yang sudah kosong ke tempat sampah. Anak-anak harus menjaga kebersihan lingkungan dimana pun mreka berada, termasuk di sekolah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini