nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peserta Tour of Indonesia 2018 Bakal Nikmati Panorama 3 Provinsi

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 14:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 12 406 1829109 peserta-tour-of-indonesia-2018-bakal-nikmati-panorama-3-provinsi-wIUwYbDKH7.jpg Candi Borobudur akan jadi titik start Tour of Indonesia 2018 (Foto: Dailymail)

PENYELENGGARAAN balap sepeda internasional, Tour of Indonesia (ToI) 2018 siap digelar oleh Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) yang bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISI). Event tersebut akan berlangsung pada 25-28 Januari 2018.

Hal menarik dari ToI 2018 nanti adalah jalur yang akan dilewati para atlet sepeda yang berasal dari berbagai begara. Pasalnya, mereka akan melintasi 3 provinsi sekaligus, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Direncanakan peserta akan mengambil start awal dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dan finish di Denpasar, Bali. Selama perlintasan, para peserta akan melintasi 10 kabupaten/kotamadya di 3 provinsi tersebut.

"ToI 2018 akan memadukan olahraga balap sepeda prestasi tingkat internasional dengan pariwisata yang dikemas sebagai sport tourism. Kali ini tema yang diangkat ialah The Ultimate Race is Back. Tujuannya adalah menghadirkan kembali event Tour of Indonesia sebagai puncak kompetisi balap sepeda multi etape di Indonesia," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya saat di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin 11 Desember 2017.

Arief Yahya menambahkan, penyelenggaraan event sport tourism khususnya balap sepeda internasional diharapkan dapat membawa dampak langsung terhadap pariwisata Indonesia dan ekonomi masyarakat setempat. Sebab, selama perlintasan para pembalap akan melihat keindahan alam yang ditawarkan 3 provinsi tersebut.

Pada hari pertama, pembalap akan start dari Magelang, kemudian akan melewati Boyolali, Surakarta, Karanganyar, lalu finish di Madiun sejauh 191 km. Selanjutnya di hari kedua, perjalanan dimulai Madiun dan akan meleweati Nganjuk, Jombang, Singosari, dan finish di Prigen sejauh 211 km. Di hari ketiga, Probolinggo menjadi titik start, lalu berlanjut melewati Balangsari, Jember, dan Genteng, dan finish di Banyuwangi dengan jarak 198 km. Di hari terakhir, para pembalap akan mengayuh sepada dari Gilimanuk, kemudiam melewati Seritit, Bedugul Badung, lalu berakhir di Denpasar sejauh 155 km.

Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Umum PB ISI mengatakan, ToI 2018 sebagai event balap sepeda kelas dunia dengan katogori 2.1 UCI akan menghadirkan 17 tim yang berjumlah ratusan pesepeda. Terdiri dari 3 tim sebagai World Tour Team, 2 tim sebagai Europe Continental Team, dan 15 tim Asian Continental Tour Team.

Baca Juga:

"ToI 2018 menjadi showcase pariwisata Indonesia serta sarana promosi yang efektif karena setiap etape yang akan dilalui sedemikian rupa melewati obyek wisata untuk mempromosikan keindahan budaya dan panorama Indonesia," kata Sapta Oktohari.

Sebanyak 17 tim yang akan ikut dalam ToI 2018 adalah, World Tour Team Uae Team Emirates/UAE, Bahrain Merida/BRN, dan Asiana Pro TeamlKAZ); Europe Continental Team (Sangemini/ITA dan Aviludo LouletanolPOR); dan Asian Continental Tour Team (KFC Cycling Team/INA, PGN Cycling Team/INA ACC Cycling Team/JPN, Thailand Continental Cycling Team/THA, St. George Continental Cycling Team/AUS, dan Isowhey Sports Swiss Wellness/AUS).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini