Berat Badan Tak Kunjung Turun? Dua Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Pemicunya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 07:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 12 481 1829375 berat-badan-tak-kunjung-turun-dua-kebiasaan-makan-ini-bisa-jadi-pemicunya-PtatTTfgu8.jpg

BANYAK orang berusaha menurunkan berat badannya karena menginginkan bentuk tubuh yang ideal.

Tak jarang usaha itu memerlukan usaha keras seperti mengatur pola makan dan berolahraga. Selain itu, diperlukan pula komitmen yang kuat dalam diri agar mendapat beran badan yang diharapkan.

Proses penurunan berat badan terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tapi sayangnya, ada beberapa orang yang berat badannya tak kunjung turun padahal sudah menjalani program cukup lama.

Bahkan ada pula yang berat badannya bertambah. Hal ini tentu membuat orang tersebut merasa putus asa. Bila Anda termasuk dalam kategori tersebut, coba perhatikan kembali cara makan Anda. Sebab ternyata, cara makan dapat memengaruhi berat badan seseorang.

Menurut seorang ahli gizi klinik, dr Diana F. Suganda, M Kes, Sp. GK, makan terburu-buru bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kenaikan berat badan.

“Makan terburu-buru membuat asupan makanan yang dikonsumsi tidak ketakar. Secara tidak sadar, nantinya malah makan dengan porsi berlebih. Sebab ketika makan terburu-buru orang cenderung merasa tidak kenyang sehingga mengambil makanan kembali,” tutur dr Diana saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat baru-baru ini.

(Baca Juga: Ikuti Pola Makan Seperti Nabi Muhammad SAW, Jean Van Damme: Tidak Makan Babi Itu Sehat!)

Lebih lanjut dr Diana menjelaskan bahwa sinyal kenyang dari sistem pencernaan baru dikirim ke otak 20 menit setelah makan. Dengan kata lain, waktu ideal untuk makan sebenarnya 20 menit.

“Semakin lama durasi makan, asupan yang masuk bisa lebih sedikit karena terlanjur merasa kenyang. Pernah dengar ‘kan kalau orang dulu bilangnya makanan sebaiknya dikunyah 32 kali. Itu ada benarnya juga untuk menurunkan berat badan. Tapi tidak perlu sebanyak itu juga,” tambah dr Diana.

(Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pola Makan Orang Indonesia)

Selain makan terburu-buru, makan dengan melakukan aktivitas lain seperti menonton TV dan memegang ponsel juga dapat berpengaruh terhadap porsi makan seseorang. Ya, idealnya saat makan orang harus fokus dengan makanan di hadapannya.

“Bila tidak fokus, ketika porsi yang dimakan sudah habis, orang bisa mengira dia terlalu mengambil sedikit makanan. Kemudian nanti diambil lagi porsi tambahan karena belum terasa kenyang,” pungkas dr Diana.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini