nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pohon-Pohon Spektakuler di Dunia, Bentuknya Bisa Bikin Tercengang

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 15:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 13 406 1829765 pohon-pohon-spektakuler-di-dunia-bentuknya-bisa-bikin-tercengang-uwDzyQA6Qf.jpg

RASA takjub ternyata juga bisa datang meski dari sebuah pohon. Pepohonan yang ada di dunia ini tidak hanya memiliki fungsi yang luar biasa, tapi juga rupa yang bisa membuat siapapun yang melihatnya tercengang hingga kagum bukan kepalang.

Melansir Wonderlist, Rabu (13/12/2017), berikut beberapa pohon yang spektakuler, entah dengan ukuran, umur, atau bentuknya yang sebenarnya atau melalui sifat misterius yang mereka miliki.

1. Eucalyptus Deglupta

Eucalyptus deglupta adalah pohon tinggi, umumnya dikenal sebagai pohon yang memiliki batang pelangi kayu putih, biasa juga disebut sebagai permen Mindanao, atau permen pelangi. Pohon ini adalah satu-satunya pohon Eucalyptus yang ditemukan secara alami di belahan bumi utara. Selain itu, pohon tersebut juga tersebar secara alami dibeberapa daerah, seperti New Britain, New Guinea, Ceram, Sulawesi dan Mindanao.

Kulit unik multi-hued adalah ciri khas pohon. Patch kulit luar ditumpahkan setiap tahun pada waktu yang berbeda, menunjukkan kulit kayu hijau yang terang. Warnanya kemudian gelap, lalu timbul warna biru, ungu, jingga dan kemudian marun.

Namun, sekarang pohon ini ditanam secara luas di seluruh dunia di perkebunan pohon, terutama untuk kayu pulp yang digunakan dalam membuat kertas. Pohon Eucalyptus juga jadi spesies dominan yang digunakan untuk perkebunan kayu pulp di Filipina.

2. Pohon Floss Silk

Pohon benang sutera adalah spesies pohon gugur yang berasal dari hutan tropis dan subtropis di Amerika Selatan. Pohon ini memiliki sejumlah nama umum lokal, seperti palo borracho. Floss Silk termasuk keluarga yang sama dengan baobab dan kapuk.

(Baca Juga: Aneh, Pohon Tumbang di Area Pemakaman Bisa Berdiri Sendiri)

Pohon Floss Silk yang indah (Ceiba speciosa) adalah salah satu dari sekian banyak anggota keluarga mallow, yang banyak terdapat di hutan endemik tropis dan subtropis di Amerika Selatan (Brasil, Paraguay, Argentina dll), pohon ini kadang mencapai lebih dari 81 kaki tingginya. Batang dan cabangnya dihiasi dengan tusukan kerucut tajam (duri raksasa), yang membantu menghemat air untuk periode kering berikutnya.

3. Presiden, Pohon Terbesar Ketiga di Dunia

Pohon Presiden berlokasi di Sequoia National Park di California. Tingginya 241 kaki setara dengan 73 meter, dan memiliki diameter hingga 93 kaki yang artinya sama dengan 28 meter. Pohon tersebut adalah sequoia raksasa terbesar ketiga di dunia.

4. Pohon Kapas Sutra Ta Prohm

Ta Prohm adalah kuil abad ke-12 di Provinsi Seam Reap, Kamboja. Pohon-pohon yang tumbuh dari reruntuhan Ta Prohm, sebuah kuil di Kamboja, sangat mempesona. Ada dua spesies utama yang mendominasi di Ta Prohm.

Beberapa spesialis mengklaim bahwa pohon yang lebih besar, yaitu pohon Kapas Sutra (Ceiba pentandra), yang lainnya berpikir bahwa itu adalah Thitpok (Tetrameles nudiflora), dan yang lebih kecil tampaknya adalah pohon Gambar Strangler. Akar pohon raksasa menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.